Kiamat Hanya Akan Terjadi Pada Hari Jumat, Ini Dalilnya

Bimcmedia.com, Meulaboh : Manusia boleh saja melakukan prediksi kiamat atau hari akhir. Kiamat ‘kecil’ seperti yang diprediksi dalam film semisal 2012 atau The Day After Tomorrow atau film lain adalah jangkauan manusia belaka.

Namun di dalam Islam, sejatinya bahwa kiamat telah ditentukan harinya, yaitu hari Jumat. Kapan hari itu tiba, Jumat kapan dan tahun berapa, semuanya adalah rahasia Allah. Hari Jumat dikenal sebagai hari baik dalam Islam, maka pada hari ini pula kejutan Allah kepada umatnya tidak pernah bisa dielakkan.

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jumat. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim).

Kisah Adam yang salah langkah kemudian dikeluarkan dari surga juga terjadi di hari Jumat. Hadist ini menegaskan bahwa perkara baik dan buruk bisa saja terjadi di hari Jumat walaupun semua kembali kepada rahasia Allah.

Namun, kiamat yang dipercaya sebagai hari akhir zaman akan terjadi pada hari Jumat di mana tidak ada seorang pun yang akan tahu kapan tepatnya itu terjadi. Kiamat yang telah disebutkan di dalam al-Quran maupun kitab-kitab lain adalah hari pertanggung-jawaban manusia kepada Tuhannya.

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.” Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al-Ahzab: 63).

Kembali ke ayat ini, kiamat adalah rahasia Allah dan manusia tidak akan ada yang tahu dan mampu memprediksi kapan kiamat itu terjadi. Sebelum hari kebangkitan ini pula, manusia dianjurkan untuk memperbanyak keimanan kepada Allah agar mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya nanti di akhirat.


Penulis: Ubaidillah

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!