Mahasiswa Pasca Sarjana Terapan Pemasaran Inovasi & Teknologi STIP Adakan Kunjungan ke PT Sarana Prima Logistindo

Stip
Mahasiswa Pasca Sarjana Terapan Pemasaran Inovasi dan Teknologi beserta Dosen STIP dan PT Sarana Prima Logistindo | Ist

Bimcmedia.com, Jakarta : Mahasiswa Pasca Sarjana Terapan Pemasaran Inovasi dan Teknologi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) mengadakan kunjungan pada Gudang Konsolidasi PT Sarana Prima Logistindo di Marunda , Jakarta utara untuk melakukan pendalaman materi , diskusi dan dengar pendapat kedua belah pihak mengenai perkembangan pergudangan , supply chain terutama masa pademi atau setelahnya, 06/03/2023.

Sebagaimana pers rilis yang diterima oleh pewarta Bimcmedia.com di jakarta pada senin siang 06 Maret 2023, : Dr. Agung Kwartama.,SE.,MM.,MH.

Sebagai Pengampu Mata Kuliah Logistik Maritim, menjelaskan masa covid 19 sudah berakhir dan membaiknya kondisi perekonomian dunia saat ini, sehingga Persaingan dalam angkutan laut secara global terutama multinasional dan penamaman modal dalam negeri tidak dapat terhindarkan , sehingga perlu kerjasama antara dunia usaha dengan dunia akademik untuk melakukan inovasi pemasaran dan strategi dalam menghadapi pasar yang semakin ketat .

Dalam kunjungan tersebut diharapkan untuk menjalin kerjasama dunia akademik dan dunia kerja dalam bersinergi demi kemajuan ekonomi terutama pengangkutan barang melalui laut dan logistik saat ini yang dirasa masih mahal, ujar Dr. Agung.

Dimana hasil kunjungan yang dihasilkan sebagai berikut :

1. Peran dan Strategi PT Sarana Prima Logistindo saat ini terutama pengangkutan barang melalui laut dengan banyaknya perusahaan yang terus melakukan efisien dalam mempertahankan market didalam dan luar negeri dan berkurangnya pesanan di luar negeri.

2.Kesulitan dan Kendala yang sering dihadapi oleh pihak Gudang PT Sarana Prima Logistindo dalam bersaing dengan perusahaan sejenis dengan sarana, prasarana dan modal yang besar untuk bertahan serta berkembang sampai saat ini.

3.Pengembangan dan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam layanan terbaik diberikan kepada pelanggan yang lama dan untuk terus mendapatkan pelanggan-pelanggan baru demi kemajuan usaha tersebut.

4.Target kedepan PT Sarana Prima Logistindo untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kapasitas layanan yang dimiliki agar tetap bisa bertahan dalam persaingan usaha dibidang angkutan laut.

5. Melakukan kerjasama berkesinambungan antara dunia kerja dan dunia akademik secara berkala demi peningkatan kualitas sumber daya manusia pada PT Sarana Prima Logistindo demi menciptakan kualitas layanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan menerima saran dan perbaikan dari pihak akademik STIP Jakarta.

Dr. Agung menjelaska dalam kunjungan ini dilaksanaakan dalam dua sesi meliputi pemaparan mengenai perusahaan dan bidang usaha yang dimiliki PT Sarana Prima Logistindo diwakili oleh Julian Ariyansyah (Operational department) dan team dan Pihak STIP diwakili oleh Dr. Larsen Barasa, Dr. April Gunawan Manalu Kaprodi Pemasaran Inovasi dan teknologi , Imam Saprudin M.Si Sekretaris Prodi, Dosen Pengampu Mata Kuliah Logistik Maritim Dr. Agung Kwartama , Dr Wahyu Hidayat dan Mahasiswa Pasca Sarjana Program Pemasaran Inovasi dan Teknologi.

Pada kegiatan selanjutnya tanya jawab, diskusi serta mendalami strategi pemasaran serta kendala yang di hadapi oleh PT Sarana Prima Logistindo dalam melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas layanan di jasa pergudangan konsolidasi saat ini.

Kegiatan pendalaman materi ke sentra sentra bisnis angkutan laut akan menjadi agenda prioritas yang dilaksanakan oleh pihak Pasca Sarjana STIP untuk bisa menjalin hubungan sinergi yang saling menguntungkan terutama dunia bisnis dalam mencari solusi yang tepat dan cepat dalam menghadapi persaingan bisnis baik dalam negeri, luar negeri untuk menjamin jasa angkutan laut di Indonesia menjadi lebih baik lagi dalam perkembangannya.

Bagi pihak STIP sebagai institusi pendidikan bisa menambah wawasan kepada para mahasiswa untuk mengetahui perkembangan angkutan laut saat ini di Indonesia, hambatan yang sering terjadi saat ini sehingga diharapkan menjadi rumusan masalah yang akan dikembangkan menjadi salah satu solusi untuk diberikan kepada perusahaan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.

Hubungan akademik dan dunia kerja perlu terus terjaga untuk menciptakan ikatan saling menguntungkan terutama dalam peningkatan kualitas dan perkembangan industri angkutan laut di Indonesia untuk mencapai pelayanan yang berkualitas dan tepat waktu untuk menunjang setiap kegiatan pengangkutan laut di Indonesia baik eksport dan impor, tutup Dr. Agung Kwartama.,SE.,MM.,MH. Sebagai Pengampu Mata Kuliah Logistik Maritim.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!