Breaking News

Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Larang Pemutaran Film Pengkhianatan G30S/PKI

Film Pengkhianatan G30SPKI
Film Pengkhianatan G30SPKI

Bimcmedia.com, Nasional - Film kontroversi Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau dikenal dengan G30S/PKI, hampir tiap tahun diputar tiap 30 September.

Cerita di dalam film G30S/PKI diangkat dari kisah nyata pengkhianatan yang dilakukan PKI pada tahun 1965. Memang banyak yang simpang-siur akan informasi dalam film, tetapi daya tarik masyarakat terhadap film ini masih sangat kuat.

Arifin C. Noer adalah tokoh penting yang menulis dan menyutradarai film G30S/PKI pada tahun 1984. Cukup lama berselang dan sempat dilarang pemutarannya setelah tahun 1998 di televisi nasional. Film ini kembali ditayangkan beberapa waktu setelah demokrasi lebih aman.

Kontroversi pemutaran film G30S/PKI kembali merebak ditengah isu banyaknya 'PKI' di Indonesia saat ini. Meskipun pelarangan terjadi di televisi namun share di media sosial seperti YouTube sudah terlebih dahulu menayangkan film ini, bahkan tanpa sensor sekalipun.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, "Ya. Jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film Pengkhiatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak. Saya sudah mengatakan pemutaran film itu boleh, tidak ada yang melarang, tapi juga tidak mewajibkan," (antaranews.com, 30/09/2020).

Mahfud menegaskan bahwa pemerintah mengimbau tidak menonton dalam keramaian saat pandemi Covid-19. Kalaupun harus menonton, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Mahfud menambahkan, "Tetapi kalau itu sebagai pilihan sukarela memang mau ditayangkan atas kesadaran dan kehendak sendiri, maka itu dibolehkan,"

Di masa pemerintahan Presiden BJ. Habibie, pemerintah memang pernah menghentikan penayangan film Pengkhiatan G30S/PKI di mana kondisi Indonesia masih dilanda krisis moneter dan sistem keamanan belum stabil. Film ini dikhawatirkan membuat keamanan Indonesia makin tidak membaik kala itu.

Film Pengkhianatan G30S/PKI telah terlebih dahulu diputar di stasiun televisi SCTV pada 25 September 2020. Nanti malam, TV ONE juga akan memutar film yang sama pada jam yang sudah ditentukan. Apakah Anda tertarik untuk menontonnya kembali?

Sebagai informasi, film Pengkhianatan G30S/PKI bukan lagi film tabu yang tidak bisa dinikmati dengan mudah. Masyarakat bisa menonton film tersebut di YouTube atau media share video lain tanpa harus menunggu pemutaran di televisi. Dengan demikian, larangan dari pemerintah tidak membuat masyarakat lupa akan film ini.

---

Penulis: Ubaidillah

Komentar

Loading...