Majukan UMKM, Polres Abdya Usung Car Free Day

Laporan ,
Pelaksanaan rapat akhir CFD di Aula Polres, Abdya, Kamis (04/08/2022). Foto/Fitra

Bimcmedia.com, Abdya : Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan rapat akhir perencanaan pelaksanaan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor), di Aula Polres setempat. Rapat ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Abdya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0110/Abdya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM), dan beberapa perwakilan dinas lainnya, Kamis (04/08/2022).

Dalam rapat ini, Kapolres Abdya, Dhani Catra Nugraha, menyampaikan bahwa pertemuan ini diadakan dalam rangka mengecek kesiapan sebelum pelaksanaan Car Free Day (CFD) pada hari Minggu, 7 Agustus mendatang. Mengusung tema "Hidup Sehat, Silaturahmi Kuat, Ekonomi Mantap", kegiatan ini bertujuan untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat daerah Abdya.

"Tujuan awal dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memajukan UMKM kita, di samping bisa hidup sehat tanpa polusi udara di tempat kita," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, berbagai pelayanan juga disediakan bagi masyarakat seperti pendataan sepeda motor dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), pembuatan surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Kartu Sidik Jari, dengan tetap mengikuti kebijakan yang telah ada, serta juga adanya pelayanan kesehatan berupa vaksinasi secara gratis. Lokasi kegiatan ini menempati daerah di sekitar Kantor Bupati Abdya dengan jarak tempuh total sekitar 1,31 Kilometer.

"Intinya adalah untuk memajukan ekonomi di daerah ini terutama UMKM serta memberikan pelayanan bagi masyarakat. Kami bersama rekan-rekan mencari lokasi yang sekiranya tidak membebani masyarakat. Oleh karena itu pemilik lapak makanan, pakaian, aksesoris, maupun gerai-gerai ponsel, dipersilakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena acaranya dari kita dan untuk kita," jelasnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk seterusnya secara berkesinambungan dengan pelaksanaan setiap minggu pagi, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah Abdya sebagai objek wisata lokal yaitu wisata sehat. Selain itu, dia juga berharap adanya dukungan dari berbagai pihak untuk berkontribusi mengajak keluarga beserta masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

"Mohon partisipasi dan dukungan dari semua agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Launching perdana ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk berpartisipasi memajukan ekonomi di daerah kita terutama UMKM," pungkasnya.

Kadis Perindagkop UKM Abdya, Amri, menyebutkan sejauh ini telah ada sekitar 24 pemilik lapak yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini, mulai dari lapak makanan hingga lapak penjualan Batik produksi Abdya sendiri.

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!