Breaking News

Manusia sebagai Khalifah (Pemimpin) dan Punya Ilmu Pengetahuan (Orasi Ilmiah , Dr. Azwar Abubakar M.M)

Laporan ,

Bimcmedia.com, Meulaboh - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh Aceh Barat, melaksanakan kegiatan Wisuda semester Genap angkatan ke IX pada program Sarjana (S1) pada Tahun 2020 ini secara tatap langsung. Perlaksanaan wisuda dilaksanakan pada Rabu dan Kamis tangggal 2 dan 3 Desember 2020 di Kampus setempat. Pelaksanaan wisuda mahasiswa tersebut karena dalam Masa pandemi Covid-19 saat ini harus mengikuti Potkes yang telah di tetapkan oleh tim gugus.

Pelaksanaan Wisuda semeter ini dengan Tema, Kampus merdeka dalam Pengkajian Ilmu - Ilmu Keislaman berbasis Turast. Dan sebagai yang memberikan orasi Ilmiah adalah Mantan Menteri Menpan- RB yaitu Dr. Azwar Abubakar, MM.

Dalam orasi ilmiah beliu memaparkan bahwa dalam kondisi saat ini dengan berbagai tantangan dan kondisi pandemi Covid 19 manusia harus menyakini bahwa semua kita akan kembali kepada Allah Swt dengan jalan Tawakkal. Apalagi manusia yang Allah ciptakan sebagai khalifah di muka bumi ini yang mempunyai ilmu pengetahuan dan sebagai pemimpin di bumi ini, jelasnya.

Sebagai khalifah manusia harus mampu mengendalikan dan memanfaatkan tehnologi yang ada untuk kebaikan, manusia mempunyai kemampuan luar biasa yang belum di expose, misalnya kemampuan para Hafidh menghafalkan Alquran dengan screning, dan ilmu itu adalah cahaya yang terpatron dalam hati membuat kita dapat memotret perubahan dan menyikapinya itu serta kita dapat juga mendapat hikmah dari Allah Swt, paparnya.

Lebih lanjut beliu jelaskan Betapun cepatnya perubahan ilmu pengetahuan manusia tidak boleh menjadi budak perubahan. Jadi tuntutan itu harus di jawab dengan membaca dan menjadi sebagai dalam sistem itu. Sehingga kita mampu menjawab perubahan itu dengan ilmu pengetahuan, maka oleh karena itu kepada semua para wisudawan terus berkarya, membaca dan berinovasi dalam era tehnologi saat ini, jangan terlena dan diam dalam perubahan tersebut, ungkap Azwar..

Sementara itu menurut Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag kepada mahasiswa wisudawan menyampaikan selamat telah meraih gelar Sarjana dan jangan hanya cukup di Sarjana S1 saja tetapi untuk melanjutkan kuliah yang lebih tinggi, jelasnya.

Dan juga dalam kesempatan itu Inayah memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada orang tua wali yang telah memberi kepercayaan penuh kepada kampus STAIN Meulaboh untuk kami didik dan berikan ilmu pengetahuan kepada putra dan putri semua sehingga hari ini tiba saatnya di wisuda, sungguh bahagia semua para orang tua papar Inayah,..

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh lebih lanjut sambutannya meminta para wisudawan yang sudah menjadi Alumni STAIN Meulaboh untuk sebagai inspirator atau agen perubahan dalam melakukan inovasi dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru di era Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini. Nantinya alumni wisudawan pada Angkatan ke IX tahun 2020 pada STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh akan mampu berdaya saing dalam dunia global.

Kemudian Inayatillah mengiginkan kedepan sumber daya manusia merupakan potensi yang sangat besar dalam mewujudkan alumni yang cakap dalam dunia kerja. Terlebih menghadapi revolusi industri di era 4.0 dengan adanya perubahan dalam informasi dan tehnologi saat ini. Dan alumni STAIN Meulaboh tidak ada pilihan lain selain memperkuat inovasi dan menjadi sarjana yang punya skill yang handal.

Para wisudawan semeter ini dengan jumlah 263 orang terdiri dari mahasiswa jurusan Syariah dan Ekonomi Islam sebanyak 135 orang, jurusan Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 110 dan serta dari Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam dengan jumlah mahasiswa 18 orang dan tiga orang menjadi lulusan Istimewa (Terpuji) papanya Ketua STAIN.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!