Masih Belum Lolos Kartu Prakerja? Segera Kirim Surat Keberatan ke Pemerintah dengan Format Ini

bimcmedia.com – Pemerintah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan Kartu Prakerja sesuai perjanjian saat kampanye, dengan catatan syarat dan ketentuan berlaku.

Tiap warga negara yang memenuhi syarat dapat mendaftar Kartu Prakerja. Seleksi yang dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Namun, tidak sedikit masyarakat yang kecewa karena belum lolos Kartu Prakerja meskipun sudah sampai ke Gelombang 10.

Pendaftaran tiap gelombang Kartu Prakerja selama 3 hari dalam proses evaluasi, diproses sampai dengan keterangan lulus atau tidak untuk mendapatkan pelatihan online yang dijanjikan pemerintah.

Pemerintah baru saja mengumumkan siapa yang berhak atau lulus evaluasi Kartu Prakerja Gelombang 9. Dalam tiga hari ke depan akan diberlakukan pendaftaran untuk Gelombang 10. Apabila belum lulus pada gelombang yang telah ditetapkan ini, maka berhak untuk mengikuti seleksi pada gelombang berikutnya.

Dalam kurun pendaftaran 1-9 tidak lulus juga, bisa langsung mengecek apakah sudah dibuka Gelombang 10 pada dashboard calon peserta. Jika mengacu pada selang waktu tiga hari selama proses pendaftaran dan evaluasi, kemungkinan pada Kamis (24/09/2020) akan kembali dibuka Gelombang 10 dari Kartu Prakerja.

Gelombang 10 Kartu Prakerja diberikan kuota yang cukup besar yaitu 200 ribu orang. Dalam target yang dijanjikan Kartu Prakerja adalah sebanyak 5,6 juta orang yang akan menerima insentif dari program Kartu Prakerja ini. Jika mengacu pada capain ini, dalam tiap gelombang 1 sampai dengan 9, ada 800 ribu orang yang diterima. Maka, sisa 200 ribu masuk ke dalam Gelombang 10.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menyebut, “Bisa saja (jumlah peserta lebih dari 200.000),” disebabkan 180 ribu peserta yang status kepesertaannya telah dicabut Manajemen Pelaksana Program (PMO). Kompas.com (22/09/2020) menulis berdasarkan keterangan dari Tahutu, bahwa 180 ribu peserta tersebut tidak memilih pelatihan pertama lebih dari 30 hari setelah lulus seleksi.

Kartu Prakerja memang cukup mengiurkan di mana belajar tetapi dibayar. Dengan persaingan yang ketat, orang akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan Kartu Prakerja ini. Catat tanggal dan cek dashboard akun Kartu Prakerja untuk mendapatkan keterangan waktu pendaftaran Gelombang 10.

Apabila belum yakin, bisa mengirimkan surat kepada Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja setelah 3 kali gagal melalui email ke kepesertaan@prakerja.go.id.

Format surat adalah sebagai berikut:

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di baawah ini:

Nama (sesuai eKTP): ………………………………………………..

NIK (sesuai eKTP): ………………………………………………..

Alamat (sesuai eKTP): ………………………………………………..

No Telepon (yang dipakai saat mendaftar Kartu Prakerja): ………………………………………………..

Email (yang dipakai saat mendaftar Kartu Prakerja): ………………………………………………..

dengan ini menyatakan dan menjamin sepenuhnya bahwa:

1. saya adalah Warga Negara Indonesia;

2. saya tidak berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun;

3. saya tidak sedang mengikuti pendidikan formal (sekolah/kuliah);

4. saya bukan merupakan salah satu dari kelompok berikut:

a. Pejabat Negara;

b. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;

c. Aparatur Sipil Negara (PNS dan P3K);

d. Prajurit Tentara Nasional Indonesia;

e Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

f. Kepala Desa dan perangkat desa.

g. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD);

5. saya bukan penerima bantuan sosial dan Pemerintah Pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT), maupun Penerima Bantuan luran (P81) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan; dan

6. saya telah melakukan pendaftaran sebagai calon penerima Kartu Prakerja dengan cara daring (online) meialui situs resmi Program Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) sebanyak minimal 3 (tiga) kali berturut-turut namun belum berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja sampai dengan tanggal surat pernyataan ini dibuat.

……………………- ……………….. 2020

Materai Rp 6.000

………………………………………………..

Format surat bisa diunduh di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: