Masyarakat Desa Awe Seubal Gelar Tradisi Kenduri Blang

bimcmedia.co, Seumelu : Desa Awe Seubal Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue, Aceh, secara terbuka menggelar kenduri blang turun kesawah pada tahun 2020 di Blang Anak Owek Desa setempat, ( Rabu, 10/06/2020 )

bimcmedia.com/warga desa seubal kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Seumelu / Rovli M A

Kegiatan kenduri blang tersebut turut di hadiri, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Aparat Desa bersama Warga Tani di desa setempat.   

Kepala desa Aweseubal mengatakan bahwa, pada Musim turun sawah tahun 2020 ini dari pemerintah desa telah mengalokasikan sebahagian Dana Desa untuk mendukung program yang telah di Launching baru-baru ini oleh Bupati Simeulue, Bapak H. Erli Hasim, SH, S. Ag, M.I.Kom yakni pada kegiatan Humasa Sebbel/ Khumaha Heba atau turun kesawah besar-besaran dan secara serentak pada bulan Juni ini, dengan rincian 82 Liter Racun Rumput, 82 Kaleng Racun Siang, 82 Kaleng Racun Ulat dan 2 Ton Pupuk serta biaya pengelolaan lahan 8 (delapan) piring per petani yang disubsidi oleh Desa dan pengelolaannya diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Al-Amanah Desa Awe Seubal dari 8 piring sebelumnya menjadi 10 piring per petani, hal ini dilakukan sebagai bukti keseriusan masyarakat desa Awe Seubal dalam mengikuti program pemerintah.

“kenduri blang sudah menjadi tradisi bagi petani di desanya sebelum turun ke sawah dan sekaligus untuk memberi arahan kepada petani agar sebelum turun ke sawah untuk memperkuat Pagar dan pembersihan lokasi persawahan agar terhindar dari hama” jelas Heni abon asmadi yang merupakan Kepala Desa Aweseubal

Kades Henni Abon Asmadi beserta aparat desa lainya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S. Ag, M.I.Kom yang sudah memberikan bantuan berupa satu Unit Mesin Perontok Padi (power tresher) kepada masyarakat petani Desa Awe Seubal untuk membatu kegiatan pertanian.


(Rovki M A)

Aminnullah

Hidup adalah Simpel Dimana Teman Merupakan ASET Terbesar dan Juga Bisa Menjadi Musuh dalam Selimut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: