Masyarakat Desak Bupati Gayo Lues Naikkan Harga Minyak Serai

Masyarakat Desak Bupati
Kebun serai wangi seorang masyarakat yang sudah lama ditinggal kan | Foto : Khairul Adami

Bimcmedia.com, Gayo Lues : Disaat masa pandemi seperti ini petani yang mata pencaharian dari minyak serai wangi umumnya di kabupaten Gayo Lues (galus) semakin hari semakin menderita semenjak datangnya covid 19 dan semenjak berakhir nya masa pemerintahan Ibnu-Adam harga sembako semakin hari semakin menaik masyarakat mulai resah karena tidak sanggup lagi untuk mencukupi kebutuhan dikarenakan mayoritas penduduk (galus) yang rata- rata berpenghasilan dari minyak serai wangi kini harga nya semakin hari semakin menurun, masyarakat desak Bupati (galus) untuk segera menaikkan harga minyak serai. (Sabtu, 31/08/2021).

Menurut pengakuan dari seorang warga (Rajiman) harga sudah lama turun yaitu semenjak datangnya covid 19 namun sampai saat ini pemerintah belum Juga kunjung menaikan Jika dikalkulasikan antaran biaya proses pemanenan dengan harga jual, petani sama sekali tidak mendapatkan keuntungan.

"Sekarang ini harga kayu bakar mahal, biaya panen daun serai wangi mahal , dan proses penyulingan juga berat lantaran Cuaca yang hujan ditambahkan lagi ongkos penyulingan yang mahal . Jadi, kalau tetap dipaksakan melakukan pemanenan, kita akan rugi," tutur dia

Adapun Faktor lain yang mengarah pada negatif, kata dia, adalah mematikan usaha rakyat Masyarakat desak pemerintah Gayo Lues agar segera menaikkan harga minyak serai wangi , seharusnya pemerintah Gayo Lues tidak mengabaikan dengan aset ini seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya yang bahwa akan menaikkan harga minyak serai wangi ,karena dengan adanya serai wangi bisa memanilisir angka kemiskinan perekonomian masyarakat di (galus).

Pantauan masyarakat sudah lama dengan harga minyak serai ini, seharusnya pemerintah Gayo Lues menaikkan harga seperti yang sudah pernah dijanjikan namun pemerintah sangat lemah belum lagi masalah lain yang terus menerus terjadi seperti sejumlah ruas jalan yang tergenangan air dimusim hujan, BLT yang tak kunjung-kunjung cair perawatan lokasi wisata yang semakin hari tak menentu tambah Ekonomi masyarakat yang berpenghasilan dari minyak serai wangi saja tidak mampu menaikkan harga nya lantas bagaimana juga yang dikatakan masyarakat desak bupati menaikkan minyak serai agar masyarakat makmur , tutur dia

Harapan dia Semoga pemerintah mendengarkan aspirasi masyarakat dan segera menaikkan harga minyak serai wangi agar kami mampu bersaing dengan daerah lainnya kami malu terhadap negara lain karena tidak mampu bersaing sedangkan daerah kita yang mempunyai aset yang tinggi..

Sebenarnya usaha ini bisa juga dijadikan sebagai tempat wisata karena banyak Keindahan pemandangan nya dan udara nya yang cukup dingin baik untuk kesehatan. "Kata dia kepada bimcmedia.com

Seorang toke H. Selamat berkelahiran tripe jaya kepada media ini mengatakan "Bahwa selama pandemi ini kami selaku toke tidak sanggup lagi untuk membeli minyak serai dikarenakan jika kita kalkulasi kan tidak ada keuntungan nya sama sekali yang ada hanya rugi dikarenakan banyak hutang piutang orang yang tidak dibayar jikalau kita paksakan seperti saat ini kita akan rugi. " Kenapa  (Sabtu,31/07/2021)

Harapan nya Mohon kepada pemerintah (galus) memberikan penjelasanTerkait turun nya harga perekonomian masyarakat pada saat ini dan mohon kepada Bupati Gayo Lues agar segera menaikkan harga minyak serai ini.


[CW 01]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!