Materi Pelatihan Kartu PraKerja Cuma Materi Dasar Bisa Didapat Secara Gratis

Laporan ,

Poin pertama saja sudah mengambang ke dunia antah-berantah tanpa penyelesaian. Baik kalau kamu ngotot bisa editing video dengan modal HP saja, tetapi lama-kelamaan kamu akan kelelahan sendiri menghadapi YouTuber terkenal dengan modal laptop Rp 50 jutaan atau kamera Rp 150 jutaan.

Sampai di sini, kita berada di mana? Kreatif, aktif, buat dari sekarang tanpa perlu ikut kelas mimpi indah Kartu PraKerja kalau Atta Halilintar tidak mudah digoyahkan dengan dunia nggak pentingnya, atau GadgetID sudah jauh perkasa dengan materi berbobot soal teknologi kekinian, maupun Jerome Polin yang pintar tak tanggung-tanggung.

Lalu, materi lain, soal jadi barista, warung kopi langganan saya cuma mengandalkan aroma dan rasa dari sebuah kopi, lalu jadi kopi mahal yang khas. Tak ada pelatihan dari saudara sekampung saya ini. Tak ada penghargaan internasional. Tak ada pula sekolah tinggi untuk menjadi pintar lalu berubah jadi penjilat. Semua secara alamiah terjadi dan warung kopi ini tak pernah sepi.

Di tempatmu berada, juga sama demikian. Hal yang cuma butuh kebiasaan, feeling, insting saja tanpa perlu ke mana-mana, lalu dibesarkan untuk mendapatkan uang pelatihan. Sialnya, pelatihan itu berbasis online.

Mau tertawa saya takut dosa. Tidak tertawa juga takut kena karma. Saya masih ‘permisi’ jika belajar belajar Photoshop di kelas online. Kita masih bisa mengikuti tutorial dan tentor masih bisa memberikan masukan.

Kopi itu beda kawan. Chef Juna yang angkuh atau kecantikan Chef Renata nggak akan mampu mencicipi aroma kopi secara online, apalagi memberinya nilai. Sampai di sini, saya kebingungan mau menyebut kalimat apa. Tetapi sekali lagi, kita berada di dunia halusinasi yang bersambung sampai lebih 1000 episode, seperti sinetron azab yang tak pernah usai.

Rakyat jelata Indonesia terlalu baik sehingga mudah dibodohi. Kita juga memahami dan mau menerima alasan demi kebaikan orang lain. Canva barangkali langkah baik selanjutnya. Kalau boleh saya mengumpat, tapi tidak jadi takut senjata makan tuan, tetapi kamu di belakang sana saya yakin sedang terkekeh.

Canva itu bagian ‘pelajaran’ yang 1% saja butuh pembelajaran. 99% lain adalah insting kamu membuat grafis menarik. 99% itu tak cukup kalau modal gratisan. Cakupan dari biaya pelatihan Kartu PraKerja itu sudah termasuk membeli akun premium Canva? Jika tidak, sama saja kamu coret di Power Point atau Autocad.

Akun gratisan Canva hanya memberikan gambar dan ikut ‘seadanya’ saja, lebih dari adalah bagaimana cara kita mencuri gambar maupun ikon berbayar, kalau tidak tentu harus membeli akun premium dengan bayar bulanan/tahunan. Beberapa grafis juga harus dibeli minimal $1 meskipun kita telah memakai akun premium. Jadi, untungnya kita belajar Canva apa dari Kartu PraKerja ini? Toh, rata-rata mereka yang terlibat aktif di dunia digital marketing telah memiliki akun Canva.

Misal, mereka yang sudah paham Canva, sudah punya akun YouTube tetapi tidak mau monetisasi dengan beberapa alasan, sangat mahir Adobe Premiere tetapi belum kunjung dapat pekerjaan, ke mana mereka perginya? Neraka belum tentu kiamat besok.

Nama Pelatihan Provider Biaya Pelatihan

  1. Cara dapat uang dari YouTube Skill Academy Rp 160.000
  2. Sukses interview, cepat dapat kerja Skill Academy Rp 200.000
  3. Belajar desain grafis dengan Photoshop Skill Academy Rp 165.000
  4. Cara mudah bisnis kue dan roti dari rumah Pintaria Rp 600.000
  5. Menjadi barista dan membuka warung kopi di rumah Pintaria Rp 600.000
  6. Perawatan wajah dan tata rias dekoratif Pintaria Rp 600.000
  7. Bisnis jajanan rumahan Pijar Mahir Rp 75.000
  8. Membuat brosur digital dengan aplikasi Canva Pijar Mahir Rp 150.000
  9. Modal kamera sederhana jadi fotografer pemula Pijar Mahir Rp 175.000
  10. Facebook marketing business Sekolahmu Rp 990.000
  11. Berjualan dengan WhatsApp Business Sekolahmu Rp. 1.000.000
  12. Aneka resep jajanan rumahan Sekolahmu Rp 150.000
  13. Barista atau peracik kopi Maubelajarapa Rp 150.000
  14. Membuat makaroni schotel Maubelajarapa Rp 300.000
  15. Membuat kroket ayam keju Maubelajarapa Rp 400.000
Selanjutnya 1 2 3 4 5 6

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!