Melalui Warkop Bongkar Pasang, Cara Pedagang Hidupi Kota Tua

Laporan ,
Warkop Bongkar Pasang
bimcmedia.com/Jam Pavo Lama sebelum tsunami di Kota Meulaboh

Pasar Baru tempo Dulu

Salah seorang seniman Meulaboh yang sejak kecil sudah tinggal di kawasan pasar baru, kecamatan johan pahlawan Aceh Barat Said Azmi kepada bimcmedia.com membagikan cerita suasana kawasan simpang kantor pos dimasa lalu.

Sepengetahuan dirinya pasar baru atau sekarang disebut Gampong pasar Aceh, di era tahun 80 an hingga tahun 2000 merupakan kawasan central kota Meulaboh, sementara kawasan lueng Aneuk aye dan sekitarnya nya Kota kedua.

bimcmedia.com/Jembatan Lama Padang Seurahet/Ist

Di tahun delapan puluhan Untuk wilayah gampong Drien rampak, kutapadang dan Ujong Baroh masih belum ramai, pusat ekonomi Masyarakat saat itu sangat terasa denyutnya di seputaran pasar baru/pasar Aceh. Jelasnya

Kondisi jalan Sudirman kala itu terasa seperti kota tua dengan deretan ruko yang kebanyakan bangunan seakan peninggalan Belanda karena gayanya dibuat berarsitektur demikian, namun sayang ruko tersebut di lalap sijago merah sekitar tahun 95 dan 1996.terangnya

"Pasar baru di era tahun 86 juga pernah dijadikan kawasan terminal labi labi jurusan Meulaboh, meutulang, Meulaboh-jeuram dan ke arah Suak seumaseh, perputaran ekonomi saat itu dirasakan warga" Jelas said yang masih mengenang betapa indahnya kota Meulaboh jaman itu

Menurutnya, saat menjelang lebaran hampir seluruh Masyarakat Aceh Barat, berbelanja kebutuhan baju dan kain bakal di kawasan pasar baru itu. pasar baru kala itu sangat maju ditandai dengan adanya tangki PT. Socffindo, pelabuhan bongkar muat bahan mentah minyak sawit, pasaran ikan dan beberapa cafee yang berada di pantai kasih.

Selain aktivitas pasar, aktifitas perkantoran juga berada dikawasan pasar baru dan Suak Indrapuri, kala itu terdapat BNI 46, BRI, POS & GIRO, Pegadaian, kantor PBB, pendopo, gedung BP7, Masjid Besar, ada Bioskop Megaria, dan sejumlah perkantoran lainnya, kata anak muda dikala itu.

"Selain aktifitas perkantoran, Kawasan tersebut juga termasuk area pendidikan tingkat SD s/d SLTA" Ujar Camat Johan Pahlawan menggambarkan.

bimcmedia.com/Suasana Ramai Pengunjung dan Pedagang Di Kota Tua Meulaboh/Foto : FL

Ramainya suasana pasar baru kala itu dipengaruhi oleh keberadaan beberapa desa diantara nya desa Padang seurahet, panggong, Suak Indrapuri, kampung belakang dan pasir, umumnya masyarakat beraktivitas di kawasa itu termasuk para pendatang yang mencari ekonomi ekonomi kala itu.

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!