Mengantisipasi Terjadi Banjir Kota, Masyarakat Buka Suak Ujong Kalak 

Banjir Kota
Pengerokan sekaligus pembukaan Suak Ujong Kalak | Foto: Nouval Farabi

Bimcmedia.com, Meulaboh : Mengantisipasi agar tidak terjadinya banjir di kota Meulaboh, Masyarakat Gampong Kuta Padang melakukan pembukaan Suak atau muara di pasir Ujong Kalak, Senin (4/7/2022).

Setelah hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari yang lalu juga Banjir rob atau Pasang Purnama yang terjadi di kawasan Kecamatan Johan Pahlawan, masyarakat kota Padang melakukan pembukaan Suak tersebut agar tidak terjadi banjir di kawasan kota.

Gechik kota Padang Safrizal menyampaikan kepada pewarta bimcmedia bahwa untuk antisipasi dari pada banjir yang terjadi di perkotaan maka solusi dari pada itu ialah membuka Suak di kawasan pasir ujung Kalak.

"Permasalah terkait penanganan banjir yang terjadi di perkotaan iyalah melakukan pembukaan Suak atau muara di bibir pantai Gampong Ujong Kalak" pungkasnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak-pihak yang telah membantu bersama kegiatan tersebut bisa berjalan semestinya.

"Kami dari Pemerintah Gampong Kuta Padang juga bekerjasama dengan tokoh masyarakat Johan Pahlawan dan koordinasi dengan berbagai sektor lembaga dan instansi pemerintah Alhamdulillah kegiatan tersebut bisa terjalankan" Tambah ngoh jal sapaan akrab nya.

Kemudian dari pada itu, ngoh jal berharap agar kedepannya pemerintah dapat memberikan solusi permanen terkait dengan pembukaan Suak Ujong Kalak tersebut agar masyarakat tidak susah payah lagi membuka Suak setiap harinya.

"Pembukaan Suak ini dalam seminggu telah kami lakukan 2 kali, Kami berharap agar kedepannya pemerintahan bisa membangun sebuah kolam retensi atau semacam waduk, insyaallah itu jawaban terkait permasalahan banjir di perkotaan" harap ngoh jal.

Kolam Retensi iyalah sebuah kolam ataupun waduk yang digunakan untuk penampungan air hujan dalam jangka waktu tertentu. Kolam tersebut berfungsi agar bisa memotong puncak banjir yang terjadi dalam badan air/sungai

Hasil pantauan dari pada pewarta di lokasi bahwa masyarakat pada sekitaran lokasi pembukaan Suak tersebut sangat antusias melihat dan membantu pembukaan Suak Ujong Kalak agar banjir di perkotaan tidak terjadi di kemudian hari.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!