MES Aceh Barat: Tolak Penundaan Penerapan Sistem Ekonomi Syariah

Bimcmedia.com, Meulaboh – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Aceh Barat meminta kepada Pemerintah Aceh untuk tidak menunda atau meninjau ulang penerapan ekonomi syariah sebagaimana yg telah diundangkan dalam Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah.

Keterangan: Jubir MES Aceh Barat / Foto: M.Yunus Bidin, SH,.MH

Hal itu menyikapi statemen beberapa tokoh masyarakat Aceh agar sistem ekonomi syariah yang diberlakukan di Aceh ditinjau ulang merupakan sikap kemunduran, dalam konteks membangun Aceh sesuai dengan prinsip Islam yg kewenangannya tersebut telah diberikan oleh pemerintah pusat pada Aceh.

Pemikiran seolah-olah Aceh akan mengalami ketertinggalan dengn daerah lain, suram secara ekonomi kami pikir terlalu berlebihan dan mengada2, sebab qanun LKS tsb telah memberikan tenggang waktu sejak di undangkan pada lembaga keuangan konvensional agar mempersiapkan proses konversi badan hukumnya pada sistem syariah.

Berdasarkan Informasi yg kami peroleh proses ini sudah dan akan terus berlangsung dengan batas waktu yg telah ditentukan dalam Qanun LKS, hingga saat belum ada kendala yg berarti dalam proses tersebut.

Untuk dipahami, sesungguhnya konsep ekonomi syariah jauh lebih sempurna dalam pengelolaan keuangan dan bukan jalan kemudharatan untuk umat, semoga Aceh menjadi brand ekonomi syariah secara nasional.

Penulis: M.Yunus Bidin, SH,.MH (Jubir MES Aceh Barat/Dosen Prodi Ilmu Hukum Fisip UTU)

Editor: Ubaidillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: