Breaking News

Minum Kopi Saat Sahur dan Berbuka Sehat atau Nikmat?

Bimcmedia.com - Kopi, kafein yang ada di dalamnya tidak bisa dibuang begitu saja. Kopi tidak hanya disebut dapat meningkatkan tenaga tetapi adalah produk terbaik dalam menghilangkan kantuk. Kafein di dalam kopi juga membuat penikmatnya ketagihan.

Bagi pecinta kopi tidak bisa lepas dari minuman ini karena rasanya begitu nikmat. Namun untuk mereka yang pernah sakit – asam lambung misalnya – maka kopi adalah jenis minuman yang harus dihindari.

Kopi selama puasa bagaimana hukumnya? Tentu saja tidak ada yang salah saat Anda minum kopi selama bulan Ramadhan. Namun kadar kopi itu harus dikurangi intensitasnya mengingat sepanjang hari perut Anda akan kosong. Kopi tidak hanya membuat nikmat tetapi juga berpengaruh kepada kesehatan Anda.

James Clear dalam jurnalnya Transform Your Habits, seperti dikutip dari liputan6.com (01/07/2017), menyebut bahwa minum kopi selama sahur dan berbuka tidak masalah asalkan memperhatikan kadar kafein dari kopi tersebut. Ia menyebut selama kandungan kafein tidak lebih dari 50 miligram, tubuh akan baik-baik saja namun jika lebih dari itu maka akan mudah merasakan haus. Jika minum kopi saat berbuka akan mengakibatkan kambung terluka dan merusak mukosa lambung karena seharian telah kosong.

Sifat asam pada kopi dapat menganggu kenyamanan perut, hal ini ditulis oleh hellosehat.com (06/06/2017). Dalam kopi terdapat komponen yang disebut chlorogenic acid di mana dapat memicu naiknya kadar keasaman perut dan meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini tentu berakibat tidak baik kepada Anda selama berpuasa karena kondisi lambung yang tidak baik akan membuat Anda cepat lapar.

Maka, Anda yang selama ini telah mengonsumsi kopi saat sahur dan berbuka setidaknya dapat mengubah pola tersebut. Paradigma yang selama ini berkembang bahwa kopi dapat meningkatkan stamina saat bekerja sebaiknya dihentikan terlebih dahulu.

Tubuh Anda yang merasakan sendiri perbedaan saat minum kopi atau tidak selama puasa ini. Namun untuk Anda yang memang tidak mau lepas dari kopi, ada baiknya memperhatikan:

  1. Saran dari James dengan mengurangi kandungan kafein sehingga Anda tetap sehat dalam menjalani ibadah puasa.
  2. Kopi bukan minuman utama maka sebaiknya lebih banyak minum air putih daripada minum kopi baik saat sahur maupun berbuka.
  3. Kopi sangat mempengaruhi asam lambung maka sebaiknya menghindari kopi jika lambung Anda benar-benar tidak lagi bersahabat.
  4. Anda perlu stamina maka cukupkan dengan protein atau makanan bergizi lain.
  5. Jika Anda tergantung kepada kopi, maka ia akan terus memabukkan sehingga tidak ada salahnya mengurangi konsumsi kopi dalam jumlah banyak terlebih saat Anda berpuasa.

Penulis: Ubaidillah

Komentar

Loading...