Minyak Wajib Dikonsumsi dan Tak Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

minyak wajib dikonsumsi
Ilustrasi Gambar • Minyak Sehat dan Bagus Dikonsumsi | Sumber Foto : Klikdokter

Bimcmedia.com, Nasional : Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk memperhatikan hal yang mereka konsumsi. Pilihan makanan yang tak tepat bisa berisiko meningkatkan gula darah secara drastis. Maka dari itu ada minyak yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes, sehingga tidak berbahaya baginya.

Konsumsi dan penggunaan minyak pada kehidupan sehari-hari juga merupakan hal yang penting. Dalam pemilihan makanan ini, tidak hanya gula dan karbohidrat yang penting untuk diawasi. Sehingga kita juga harus mengkonsumsinya setiap harinya untuk dapat menjaga tubuh.

Minyak memiliki tiga jenis asam lemak di dalamnya yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Kesalahan dalam memilih jenis minyak yang tak tepat bisa menyebabkan menumpuknya lemak dan memperlambat metabolisme gula.

Terdapat sejumlah jenis minyak yang wajib dikonsumsi dan bisa aman  pada tubuh. Dilansir dari m.merdeka, berikut sejumlah minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

1. Minyak Zaitun Ekstra Murni
Minyak zaitun telah terkenal manfaat sehatnya. Termasuk juga bermanfaat sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Walaupun begitu, hindari pemanasan tinggi saat menggunakan minyak ini sebab mampu merusak manfaat sehat dari minyak zaitun.

2. Minyak Kelapa
Banyak kontroversi yang muncul dari konsumsi minyak kelapa bagi penderita diabetes. Namun para peneliti telah mengonfirmasi bahwa minyak kelapa adalah salah satu jenis minyak yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3.Minyak Kanola
Minyak kanola terbuat dari ekstraksi rapeseed. Karena minyak ini tinggi akan asam lemak omega 3 dan rendah lemak jenuh, maka baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4.Refined Oil
Minyak olahan atau refined oil adalah minyak yang melalui tahap penyulingan yang lebih sempurna. Sehingga membuat minyak ini stabil saat dipanaskan dengan suhu yang tinggi sehingga bisa menjadi pilihan sehat bagi penderita diabetes.

5.Minyak Flaxseed
Salah satu jenis minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah minyak yang terbuat dari flaxseed. Selain itu minyak ini juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan konsentrasi penderita diabetes.

6.Minyak Kacang Kenari
Para peneliti telah mengungkap bahwa minyak kenari mengandung asam lemak tak jenuh ganda, omega 3, dan banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan penderita diabetes.

Itulah beberapa minyak yang sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain menggunakan minyak tersebut, gunakan pula makanan sehat tinggi serat agar kesehatan tubuh Anda terjaga.


[AN]

Komentar

Loading...