Obati Penyakit Diabetes Tipe 2, Bisa Turunkan Berat Badan Saat Tidur

Diabetes Tipe 2
Ilustrasi Gambar Tidur | Sumber Foto : Tokopedia

Bimcmedia.comLifestyle : Para ilmuwan sedang mencari pengobatan baru setelah penelitian menunjukkan orang dengan diabetes tipe 2 dapat membantu menurunkan berat badan saat mereka tidur. Para peneliti di University of Portsmouth sedang mencari sukarelawan untuk menguji sistem baru untuk menentukan apakah menghirup sejumlah kecil oksigen (hipoksia) selama tidur menyebabkan penurunan berat badan.

Menurut laman viva.co.id, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tidur di tenda khusus yang menciptakan lingkungan hipoksia di udara membantu meningkatkan kontrol gula darah dan penurunan berat badan.

Bukti sebelumnya telah menunjukkan bahwa kekurangan oksigen mengurangi nafsu makan penderita diabetes tipe 2 dan membakar lebih banyak kalori.

Namun, para sukarelawan yang mengikuti ujian rumah tidur dua kali selama 10 hari di tenda-tenda yang telah didirikan tim peneliti. Dalam salah satu periode ini, tingkat oksigen diatur pada 15%. Ini adalah tingkat yang sama dengan penumpang pesawat dan penumpang yang tinggal di ketinggian.

Dr Ant Shepherd, dosen senior di Fakultas Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Latihan Universitas, mengatakan: "Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan hiperglikemia. Bagi banyak orang, ini adalah kondisi jangka panjang. Ini memiliki dampak negatif pada tubuh. kehidupan sehari-hari mereka, seperti penyakit jantung dan masalah mata, membuat Anda lebih rentan terhadap komplikasi kesehatan serius lainnya.

"Penurunan berat badan dan penurunan gula darah dapat dicapai dengan mengubah pola makan dan memperbanyak olahraga, tetapi ada berbagai faktor dan hambatan yang membuat perubahan gaya hidup ini sulit bagi sebagian orang," kata Dr. Shepcard.

"Jumlah orang dengan diabetes tipe 2 diperkirakan akan mencapai 700 juta di seluruh dunia pada tahun 2045, jadi intervensi sukses lainnya yang membantu mengobati dan mengelola penyakit, mengurangi biaya NHS dan meningkatkan kehidupan masyarakat. Anda harus tahu itu. Hidup lebih baik hari ini."

Selama ujian, sukarelawan harus memakai monitor pintar, membuat buku harian makanan, dan memberikan sampel darah, urin, dan tinja. Ini juga melakukan pemindaian komposisi tubuh dan tes gula darah untuk membantu para peneliti memahami bagaimana tubuh merespons kekurangan oksigen.

Berger menambahkan, "Penelitian lain sudah memiliki bukti kuat bahwa hipoksia dapat meningkatkan kontrol glikemik dan menyebabkan penurunan berat badan.

"Saya tidak yakin persis mengapa itu terjadi, tetapi mungkin karena itu membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menekan nafsu makan sehingga orang tidak kelaparan." Peserta Janet Rennel-Smith mengatakan dia tidak merasa sesak dan ketika dia terbiasa dengan suara mesin itu tidak mengubah apa pun.

“Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam penelitian yang dapat memberikan pengobatan alternatif untuk penyakit ini di masa depan. Kami merekomendasikan siapa saja yang dapat menjadi sukarelawan dan mendukung penelitian ini,” kata Rennell-Smith.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!