Pahala Mandi Sebelum Pergi Jumat Berlipat Ganda

bimcmedia.com, Islami - Niat mandi pada hari biasa tentu saja berbeda dengan niat mandi pada hari Jumat. Namun apabila mandi pada hari Jumat tidak diniatkan dalam rangka membersihkan diri untuk salat Jumat.

Maka pahala tersebut tidak akan didapatkan, hal ini sama saja dengan melakukan mandi pada hari-hari lain (mandi biasa). Maka, saat melakukan mandi pada hari Jumat segerakanlah untuk meniatkan dalam hati bahwa mandi tersebut untuk mendapatkan keridhaan Allah di hari penuh berkah ini.

Nabi SAW. bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh!” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mandi pada hari Jumat tidak hanya sekadar membersihkan diri semata namun juga ‘membersihkan’ dosa yang telah dilakukan seminggu sebelumnya.

Manusia yang kembali suci pada hari Jumat menandakan mereka termasuk ke dalam golongan-golongan terpilih yang terbiasa dalam membersihkan diri.

Berserah diri kepada Allah dan mereka yang selalu bersyukur terhadap nikmat yang telah dilimpahkan kepadanya.

Golongan yang percaya bahwa mandi pada hari Jumat termasuk perkara wajib, maka bau surga akan dekat dengan dirinya.

Nabi SAW. bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah (junub)…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits ini menegaskan bahwa mandi pada hari Jumat benar-benar membawa manusia kembali dalam keadaan suci.

Ibarat mandi junub yang dilakukan untuk membersihkan semua hadas besar, maka mandi pada hari Jumat juga membersihkan semua yang berkenaan dengannya.

Mandi yang dilakukan pada hari Jumat sama dengan mandi-mandi pada hari sebelumnya, perbedaannya hanya terletak pada niat mandi saja.

Rahasia Allah tidak ada yang tahu, perintah mandi ini memang sunnah namun sebagai manusia biasa tidak ada salahnya kita untuk menyegerakan mandi di hari Jumat.

Perbandinganya, jika kita ingin menjumpai manusia akan membersihkan diri (termasuk mandi) maka dalam rangka menjumpai Allah dalam salat Jumat kita juga harus melakukan hal yang sama, bahkan lebih dari membersihkan diri saat akan bertemu sesama manusia.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!