Pemkab Nagan Raya Launching Aplikasi Superkagala & Siat Penagaya

Pemkab Nagan Raya
Pemkab Nagan Raya Saat Sosialisasi Launching Aplikasi | Foto : Humas Diskominfotik

Bimcmedia.com, Suka Makmue :  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya launching dua aplikasi yaitu aplikasi cetak Surat Pemberitahuan Kenaikan Gaji Berkala (Superkagala) dan aplikasi Sistem Informasi Update Data Pembangunan Nagan Raya (Siat Penagaya).

Kedua aplikasi tersebut diluncurkan oleh Pemkab Nagan Raya pada saat acara sosialiasi uji coba dan launching aksi perubahan yang berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten setempat, seperti rilis yang dikirimkan ke bimcmedia.com Kamis (11/11/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 61 orang peserta baik melalui online maupun offline. 20 orang peserta diantaranya hadir langsung dilokasi acara, sedangkan 41 peserta lainnya mengikuti melalui aplikasi zoom meting dari komputer kantornya masing-masing.

Peserta sendiri merupakan kasubbag umum dan kepegawaian serta kasubbag program perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Kabupaten Nagan Raya. Ujar Kabid. Litbang Bappeda setempat, Sastira Eka Sari, S.STP.,M.Si dalam laporannya.

Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE melalui Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha pada saat membuka sosialisasi dan launching aplikasi tersebut menyebutkan dirinya sangat mendukung peluncuran kedua aplikasi tersebut. Menurutnya, sangat tepat apalagi saat telah memasuki era digital, dimana hampir seluruh sektor kehidupan tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi tak terkecuali didalam lingkungan kerja/ pemerintahan., ujar Sekda.

"Pemkab Nagan Raya tidak mau ketinggalan dalam membangun dan menerapkan aplikasi dalam pemenuhan layanan kepada masyarakat. Untuk mendukung dan meningkatkan hal dimaksud pada hari ini kita akan memperkenalkan 2 (dua) aplikasi yang akan diterapkan di BAPPEDA dan BKPSDM yaitu SIAT PENAGAYA dan SUPERKAGALA," ungkap Sekda.

Ardi menambahkan, tujuan aplikasi ini yaitu untuk memudahkan pemerintahan daerah dalam memantau data pembangunan daerah juga memudahkan stakeholder maupun masyarakat untuk keperluan data pembangunan daerah serta memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing masing instansi pemerintah dapat berjalan efektif untuk mencapai kinerja yang baik. Imbuhnya.

Aplikasi Superkagala dirancang oleh Nasrun, ST dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nagan Raya. Dalam program pelatihan dan kepemimpinan pengawas (PKP) angkatan I tahun 2021.

Tujuan aplikasi Superkagala sendiri menurut penciptanya untuk mewujudkan peningkatan kualitas layanan administrasi kepegawaian, khususnya layanan kenaikan gaji berkala, dimana pada layanan kenaikan gaji berkala sebelumnya diusulkan secara manual oleh PNS yang bersangkutan dengan melengkapi berkas persyaratan yang lumayan banyak. Namun, dengan lahirnya aplikasi ini layanan kenaikan gaji berkala cukup diisi melalui aplikasi Superkagala dan PNS tidak perlu lagi menyiapkan berkas, karena data PNS sudah dimutakhirkan dalam database aplikasi.

Sedangkan aplikasi Siat Penagaya dicanangkan oleh Syarizal Budian Putra, ST dari Bappeda Kabupaten Nagan Raya juga dalam program pelatihan dan kepemimpinan pengawas (PKP) angkatan I tahun 2021.

Tujuan Aplikasi Siat Penagaya dilaunching menurut Syarizal Budian Putra, untuk pemutakhiran data pembangunan Nagan Raya secara online, serta dapat juga digunakan untuk memberikan layanan informasi publik terkait data pembangunan Nagan Raya.***

___

[FL]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!