Penonton Terpukau Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun pada Pameran UMKM Aceh

Laporan ,
Pameran Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun | Ist

Bimcmedia.com, Meulaboh : Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun ikut meriahkan pembukaan Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Aceh di Gos Meulaboh, beberapa hari lalu.

Saat tampil di panggung utama, Rapa'i Debus Sanggar Laksamana mampu membuat penonton terpukau bahkan wajah mereka terlihat tegang ketika melihat atraksi debus yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang sudah terlatih.

Salah seorang anggota Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun, Mukhsin mengatakan Rapa’i Debus merupakan salah satu kesenian tradisional Aceh yang patut di pertahankan.

Atraksi budaya rapai debus ini memperagakan kekebalan terhadap berbagai jenis senjata tajam diiringi dengan tepukan rapai serta lantunan zikir, shalawat atau syair-syair bernuansa islami.

Menurut Mukhsin, pada masa penjajahan Portugis dan Belanda, Rapai Debus menjadi Salah satu media Pembangkit Semangat Perjuangan, yang di gagas oleh Ulama-ulama serta petinggi-petinggi Kerajaan.

“Sebagian Masyarakat Aceh berkeyakinan, Rapai Debus itu sakral karena jika ditilik dari asal-usulnya Rapai Debus adalah suatu sarana atau metode yang digunakan oleh Ulama-ulama Sufi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi dalam penampilan atraksi debus tidak boleh main-main. Tidak boleh ada sifat ria dan sombong didalam hati, begitulah nasehat dari orang tua kepada kami” Jelas Mukhsin.

Kartika Eka Sari, SSTP, M.Si selaku Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Aceh Barat, mengatakan masyarakat sangat antusias saat penampilan Rapai Debus dari sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun di Pameran UMKM Aceh.

"Kedepan diharapkan untuk dapat berlatih dengan lebih baik sehingga dapat menampilkan yang terbaik untuk Aceh Barat dalam event PKA ke 8 di Banda Aceh. Terlebih nanti yg ditampilkan bukan hanya debus tetapi juga akan menampilkan atraksi _bloh apui,_ yang mana bloh apui ini sangat menarik dan berbeda dari yang lain" tambah beliau menyemangati

Pimpinan Sanggar Seni Budaya Laksama Leukeun, Tgk. Maznin juga mengapresiasi atas suksesnya penampilan Rapai Debus dalam Pameran UMKM tersebut serta berterima kasih kepada pihak panitia dan dinas terkait.

"Alhamdulillah, kita tampil sukses dalam acara ini, mari sama-sama kita tetap menjaga kekompakan. Kami ucapkan terima kasih juga kepada panitia pelaksana juga kepada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Aceh serta segenap pihak yang terlibat" tambah Tgk. Maznin

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!