Breaking News

Pentingnya Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi Ditengah Pandemi Covid-19

Laporan ,
Pentingnya Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi Ditengah Pandemi Covid-19
Memberikan ASI Eksklusif Kepada Bayi/Foto : Alodokter

bimcmedia.com, Meulaboh : Demi perkembangan yang baik bagi sang buah hati, sangatlah penting dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara ekslusif.

Terlebih, pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, Karena bayi sangat perlu ASI untuk membentuk imunitas dan daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan virus corona.

"Immunoglobulin A (IgA) sekretori banyak terdapat pada ASI, sehingga menjadi agen imunitas yang baik bagi seorang bayi."

Begitu penuturan ketua tim peneliti dari HCC, Dr Ray Wagiu Basrowi, MKK seperti dilansir pada laman berita kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Karena menurutnya, ASI juga dapat mencegah bayi terpapar infeksi seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) maupun virus SARS-COV2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Bagi seluruh ibu yang masih dalam menyusui anaknya dianjurkan untuk tetap memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya, Meski di masa pandemi Covid-19 ini.

WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia menerangkan, bahwasanya pemberian ASI harus tetap jalan meski dalam keadaan ibu yang positif karena ASI terbukti bukan media penularan Covid-19.

"Bahkan yang lebih parah, bagi ibu yang positif Covid-19 tetap harus menyusui bayinya," terangnya.

Kalau seperti di Indonesia sih sangat di anjurannya untuk masih dapat memberikan ASI melalui pompa. Tapi di luar negeri ada yang ibunya menyusui dengan baju hazmat," imbuhnya.

Salah satu dokter juga menambahkan, kalau ibu tetap berada di rumah dan keadannya sehat, maka pemberian ASI berjalan seperti biasanya.

Namun, harus dipastikan lagi agar ibu tetap menjaga kebersihan yang ekstra sebelum memberikan ASI.

Intinya, jika tidak ada masalah pada ibu, setelah melahirkan ibu harus langsung memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya.

---

[Redaksi]

Komentar

Loading...
error: Minta Ijin Dulu, Jika Ingin Copy