Penyebab Sering Nyeri Punggung Saat Bangun Tidur, Yuk Disimak !!!

Laporan ,
Nyeri Punggung
Ilustrasi Gambar Sakit Nyeri Punggung saat Bangun Tidur | Sumber Gambar : Ala Dokter

BIMCMEDIA.COM, Kesehatan : Sakit nyeri punggung sering terjadi pada beberapa orang saat bangun tidur. Kondisi ini pasti bisa membuat Anda cemas, karena Anda mungkin merasa rileks dan tidak enak badan saat bangun tidur.

Sakit punggung relatif singkat dan sering terjadi pada beberapa orang. Namun, pada penderita nyeri punggung bawah kronis, kondisi ini bisa berlangsung lama.

Jika Anda mengalami rasa sakit di punggung saat bangun tidur, Anda akan merasa tidak nyaman dan tentunya Anda tertarik dengan penyebabnya. Disunting dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab sakit pinggang setiap bangun tidur. Sebagai mana Pewarta bimcmedia.com, rangkum dari IDN Times, Mari Disimak !!

1. Posisi tidur yang buruk
Jika Anda tidur dengan posisi yang salah, punggung Anda akan sakit saat bangun tidur. Memang, postur tidur kita mendorong tulang belakang kita dan menyakiti punggung kita ketika kita bangun.

Untuk menghindari ketegangan tulang belakang, postur tidur Anda tidak boleh memberi tekanan pada tulang belakang Anda. Healthline melaporkan bahwa beberapa dokter menyarankan untuk meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur miring atau telentang.

Jika Anda terbiasa tidur tengkurap, Anda bisa meredakan sakit punggung dengan meletakkan bantal di punggung bawah.

2. Fibromyalgia
Fibromyalgia adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada wanita. Salah satu gejalanya adalah nyeri muskuloskeletal umum yang melukai tulang belakang dan punggung saat bangun.

Orang dengan penyakit kronis ini harus ditangani oleh dokter yang tepat dan perawatan khusus untuk menghilangkan rasa sakit. American College of Rheumatology melaporkan bahwa pengobatan alternatif seperti akupunktur dan chiropractic dapat digunakan untuk mengurangi gejala fibromyalgia, terutama nyeri punggung saat bangun.

3. Tidur di kasur yang tidak ditopang
Sakit punggung di pagi hari dapat disebabkan oleh tempat tidur yang tidak nyaman, tidak memadai atau berkualitas buruk.

Menurut laporan Medical News hari ini, kasur yang cocok harus dapat menopang seluruh bagian tubuh. Jika kasur yang kita gunakan terlalu kecil, bagian tubuh tertentu tidak akan bisa berguling dengan nyaman di atas kasur sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

Bukan hanya karena ukurannya, tetapi juga kasur yang sudah bertahun-tahun tidak diganti bisa menyebabkan sakit punggung saat bangun tidur karena permukaan yang tidak rata, dan postur tubuh yang memiliki lekukan yang mendorong tulang belakang.

4. Terlalu banyak aktivitas fisik
Olahraga teratur memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun olahraga yang kita lakukan tidak boleh berlebihan. Orang yang berolahraga secara teratur harus mengetahui kemampuan fisiknya dan memperhatikan postur tubuhnya saat berolahraga.

Juga, mereka yang berlatih keras tidak boleh melewatkan pemanasan dan pendinginan. Hal ini untuk menghindari cedera yang menyebabkan nyeri pada punggung dan bagian tubuh lainnya.

5. Stenosis kanal tulang belakang
Stenosis tulang belakang adalah suatu kondisi di mana tulang belakang menyempit. Akibatnya, tulang belakang yang menyempit ini menekan saraf di punggung.

Kondisi ini dapat diperparah dengan posisi tidur yang salah, yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah saat bangun, dan nyeri ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain seperti kaki, tangan, dan leher.

Jika Anda mengalami sakit punggung setiap bangun tidur, Anda akan merasa tidak nyaman sepanjang hari. Oleh karena itu, setiap bangun tidur, Anda perlu mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasi nyeri punggung dan mendapatkan penanganan yang tepat. Jika keluhan ini mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!