Perdana! Meriahkan HUT RI, Kodim 0110/Abdya Gelar Mabar Penting

Laporan ,
Kodim 0110 Abdya bersama Taman kanak - kanak (TK) Cantika Kirana menyelenggarakan acara Makan Bareng dalam Rangka Pencegahan Stunting foto/ist

Bimcmedia.com, Abdya : Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke - 77, Komando Distrik Militer (Kodim) 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Taman kanak - kanak (TK) Cantika Kirana menyelenggarakan acara Makan Bareng dalam Rangka Pencegahan Stunting (Mabar Penting), dengan tema "Mewujudkan Generasi yang Bermutu Agar Negara Sehat dan Bebas Stunting" di TK setempat, pada Rabu (17/08/2022).

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap tingginya angka stunting di Aceh termasuk Abdya. Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Kodim 0110/Abdya, Indria Astuti, menjelaskan bahwa acara ini digiatkan demi menciptakan pemahaman kepada para orang tua tentang menu gizi seimbang dan sehat bagi anak.

"Itu kalau kita melihat dari tema HUT tahun ini serta melihat kasus stunting yang meningkat, maka kami mengambil tema mabar yang artinya memberi dukungan agar di lingkungan yang ada disini harus bebas stunting," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan membuat caffe untuk anak - anak yang terdiri dari beberapa meja berisikan 6 - 8 anak. Di meja itu telah sediakan berbagai variasi makanan mulai dari sajian yang mengandung karbohidrat, protein serta buah - buahan. Selain bertujuan untuk membentuk kekompakan, kebersamaan dan kedisiplinan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan budaya makan bersama bagi anak - anak, sehingga ketika makan bersama mereka bisa merasakan rasa saling menguatkan dan memberi semangat untuk mencicipi berbagai makanan sehat yang tersedia.

"Masih banyak anak - anak terlihat tidak biasa makan sayur dan menjadi sangat pemilih saat makan. Intinya kegiatan kali ini adalah untuk memperkenalkan menu gizi seimbang dengan bentuk dan variasi yang ada di sekitarnya, serta memberdayakan ibu - ibu agar dapat mengajak anak - anak untuk terbiasa makan makanan sehat," pungkasnya.

Selain menyediakan caffe bagi anak - anak, Kodim 0110/Abdya bersama Persit juga menyelenggarakan Perlombaan Makanan Tambahan (PMT), dengan harapan kelak dapat menjadi inspirasi bagi ibu - ibu untuk mengelola makanan sehat dengan harga yang terjangkau. Kemudian, untuk meningkatkan keharmonisan antar sesama, penyelenggara juga turut mengadakan berbagai perlombaan lainnya seperti lomba joget balon dan tangkap belut yang diikuti oleh ibu - ibu persit dan masyarakat sekitar.

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!