Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Abdya Gelar Upacara

Bimcmedia.com
Bimcmedia.com | Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Abdya Gelar Upacara/Ist

Bimcmedia.com, Blangpidie - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyelenggarakan upacara peringatan lahirnya pancasila di lingkungan kantor Bupati setempat, Sabtu (1/6/2024).

Dalam acara tersebut, Komandan Kodim 0110/Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, mengatakan bahwa tema peringatan hari lahir pancasila 2024 yakni pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045.

Tema ini, kata Inf Beni, dimaksudkan untuk menyatukan masyarakat dari segala perbedaan suka, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong Indonesia maju dan mandiri.

"Patut kita sadari bahwa pancasila menjadi pemandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," Kata Inf Beni.

Keberadaan pancasila, kata Inf Beni, merupakan anugerah yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi toleransi dan gotong royong.

Oleh karena itu, dalam momentum ini, ia mengajak seluruh komponen bangsa agar saling bahu-membahu membumikan nilai-nilai pancasila dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Sehingga pancasila dapat senantiasa dijiwai dan dijadikan pedoman.

"Semangat pancasila harus tercermin dalam etika, integritas, dan karakrter para pemimpin serta rakyat Indonesia," sambungnya.

Selain itu, Inf Beni berharap pancasila dapat menjadi filter bagi bangsa indonesia agar terhindar dari disorientasi di masa depan. Terlebih di era kemajuan teknologi, masyarakat diharapkan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila, sehingga dalam mengakses informasi dapat dilakukan secara bijaksana.

"Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalan menghadapi berbagai gelombang tantangan, sehingga Indonesia bisa berdiri kokoh dan tangguh sebagai negara yang besar," pungkas Beni.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!