Breaking News

Perlukah Pasang AntiVirus pada Smartphone Android? Ternyata Tidak Sepenting yang Ditakutkan

bimcmedia.com, Teknologi - Antivirus memang selalu menjadi nomor satu dalam memerangi musuh bebuyutan di dunia maya, yaitu virus.

Smartphone yang terkoneksi dengan internet juga begitu mudah terinfeksi virus mematikan.

Virus-virus ini masuk melalui penginstalan aplikasi atau pengguna melakukan pencarian tertentu (browser atau searching) di situs tertentu.

Antivirus lalu dipasang dan jarang digunakan untuk membersihkan smartphone.

Perlukah antivirus untuk sebuah smartphone?

Perlu diketahui bahwa rata-rata smartphone telah memiliki tingkat keamanan sendiri sehingga tidak mudah dimasuki virus.

Virus akan masuk ke dalam sebuah smartphone apabila pengguna menginstal aplikasi pihak ketiga atau melakukan rooting.

Antivirus tidak lagi menjadi hal penting karena alasan ini.

Google telah menjadi setiap pengguna Android dengan keamanan mereka. Apabila terdapat bug atau kendala tertentu, Google akan langsung turun tangan dan memberikan update terbaru.

Saran dari Google adalah tidak menginstal aplikasi di luar dari Google PlayStore. Walaupun ada aplikasi yang mengandung virus namun intensitasnya rendah karena langsung dibasmi oleh Google.

Produsen smartphone juga memberikan perbaikan bug (celah) pada update sistem sehingga virus tidak mudah masuk.

Update sistem yang dilakukan baik berupa peningkatan performa maupun update sistem operasi (OS) misalnya dari Mashmallow ke Nougat.

Virus tidak bisa masuk sembarangan tempat. Perlu diketahui bahwa apabila sedang searching di Crome, lalu keluar peringatan smartphone terjangkit virus sejatinya itu adalah iklan dari aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh produk mereka.

Jangan instal aplikasi yang tidak resmi. Ini adalah saran terbaik agar smartphone tidak terjangkit virus.

Antivirus sebenarnya memberatkan kinerja smartphone. Antivirus yang bekerja dalam waktu kontinu adalah melakukan scan terdapat aplikasi secara otomatis maupun aplikasi terbaru.

Kinerja antivirus yang tidak bisa dibendung membuat pekerjaan smartphone tambah banyak. Maka, jika smartphone masih dalam performa cukup baik antivirus sama sekali tidak dibutuhkan.

Komentar

Loading...