Breaking News

PHBS Penting Dalam Menjaga Kesehatan Program Kotaku Aceh Tengah Lakukan Sosialisasi 

Laporan ,
PHBS Penting Dalam Menjaga Kesehatan Program Kotaku Aceh Tengah Lakukan Sosialisasi 
Sosialisasi PHBS Bagi Masyarakat Sekitar /bimcmedia.com/Ist

bimcmedia.com, Aceh Tengah : Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) kabupaten Aceh Tengah Tahun 2020 bersama Puskesmas Kecamatan Lut Tawar melakukan kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di 16 (enam belas) desa dampingan Kotaku dengan katgori desa penanganan dan pencegahan kawasan kumuh di Kecamatan Lut Tawar Aceh Tengah.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat bersih dan sehat dengan tujuan Pencapaian ini membutuhkan pendekatan pembangunan yang berbeda, tidak hanya mengerahkan sumber daya pada satu sektor saja melainkan harus melibatkan sebanyak mungkin pelaku dari sektor baik vertikal maupun horizontal melalui platform “Kolaborasi”.

Peran Pemerintah Daerah sebagai nakhoda yang memegang kunci dalam mengarahkan dan mensinergikan segala bentuk kolaborasi antar pihak untuk pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh, terutama masyarakat sebagai subyek pembangunan yang aktif agar pemukiman bersih, layak huni dan berkelanjutan.

Asisten Koordinator Kota bidang Kelembagaan dan Kolaborasi Aceh Tengah, Aizin A.Rahman, mengatakan sosialisasi ini di lakukan di 16 desa/kampung dengan katagori penanganan dan pencegahan permukiman kumuh merupakan wujud kepedulian program kotaku dalam mencegah timbulnya kumuh baru.

"Kegiatan sosialisasi PHBS ini, sudah dilakukan dari minggu ke 3 bulan November sampai dengan minggu ke 3 bulan Desember tahun 2020." Kata Asisten Koordinator Kota bidang Kelembagaan dan Kolaborasi Aceh Tengah, Aizin A.Rahman,

Untuk memaksimalkan kegiatan sosialisasi PHBS ini, program kotaku perlu bekerjasama dengan puskesmas Kecamatan Lut Tawar. Sehingga materi yang tersampaikan dengan baik kepada seluruh lapisan masyarakat.

 Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Lut Tawar Ibu dr. Linda Yanthy sebagai pemateri, Suarga Yani dari Tim Fasilitator KOTAKU, Reje, aparatur kampung, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Tim PPK, Kader Posyandu dan masyarakat setempat. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 18-30 November 2020 ini diharapkan mampu menjadi pendorong dan motivasi bagi masyarakat setempat untuk proaktif dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang masyarakat dalam menjaga diri dan keluarga dari berbagai macam penyakit.

 "sekarang sedang mewabahnya virus Covid-19 sehingga pola hidup sehat ini memang wajib diterapkan bagi semua masyarakat. Mulai dari mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker, mengkonsumsi vitamin dan lain sebagainya" Tambahnya.

Selain itu dr. Linda Yanthy berharap, adanya tindak lanjut dari hasil sosialisasi ini, kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh Program KOTAKU maupun instansi lain.

“Sebab, prinsipnya adalah semakin banyak yang berbuat maka hasil yang diinginkan juga semakin baik,” tutup dr. Linda Yanthy.

---

[DF]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!