PJ Bupati Abdya Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke – 77

Laporan ,
Upacara Hut RI yang ke-77 Abdya foto/fitra

Bimcmedia.com, Abdya : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 77 dengan tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyelenggarakan pengibaran bendara merah putih di lapangan Persada, Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie (17/08/2022). Upacara yang di dipimpin langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Abdya, Darmansyah, yang baru dilantik pada Senin 15 Agustus lalu selaku inspektur upacara.

Adapun yang menjadi komandan dalam upacara ini adalah Pasiter Kodim 0110/Abdya, Kapten Inf Asnawi, sedangkan perwira upacara yang bertugas yaitu Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops), Razali Yoga.

Upacara yang digelar sekitar pukul 08.45 WIB itu berjalan dengan khidmat, dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Nurdianto, beserta para anggota DPRK lainnya. Selain itu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Abdya, Kepala Kementerian Agama Abdya, Kejaksaan Negeri Abdya, dan beberapa tamu undangan lainnya juga turut hadir menyaksikan acara sakral ini. Kemudian, pembacaan teks proklamasi sendiri dibacakan dengan lantang oleh Nurdianto.

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945, Atas Nama Bangsa Indonesia, Soekarno - Hatta," ucapnya.

Upacara pengibaran bendera yang dikibarkan oleh Fery Andriano dan Khairan Adita Mulyadi, serta pambawa baki, Aura Diffa Adisman, yang merupakan siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Abdya tersebut, disambut hangat oleh masyarakat setempat yang turut menyaksikan serta dimeriahkan oleh penampilan kelompok Marching Band dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Abdya dan paduan suara oleh siswa - siswi SMAN Unggul Tunas Bangsa.

Acara ini ditutup dengan pembacaan naskah Undang-undang Dasar 1945 oleh Staf Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Abdya dan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Abdya, Salman Alfarisi. Selain itu, upacara penurunan bendera merah putih akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB mendatang.

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!