Breaking News

PJ Bupati Dukung Polres Abdya Tanam Serentak 3.500 Pohon Mangrove

Laporan ,

Bimcmedia.com, Aceh Barat Daya; Satuan Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Daya ( Abdya ) melakukan penanaman serentak 77 ribu bibit pohon . Untuk Polres Abdya sendiri melakukan penanaman sebanyak 3.500 pohon jenis Mangrove di pesisir pantai desa Lama Tuha, kecamatan Kuala Batee, dalam rangka semarak Kemerdekaan Hari Ulang Tahu (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke - 77, Selasa (23/08/2022).

Penanaman pohon di wilayah kabupaten Abdya ini turut dihadiri langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Darmansah, para Taruna Siaga Bencana (Tagana), siswa - siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), serta beberapa tamu undangan lainnya.

Selain sebagai langkah untuk memeriahkan kemerdekaan, penanaman pohon mangrove ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga keasrian alam dan melestarikan ekosistem di desa setempat, sebagaimana yang disampaikan oleh Darmansah dalam sambutannya.

"Kami berterima kasih kepada Kapolres Abdya dan segenap jajarannya yang telah berkontribusi dan ikut memelihara keasrian wilayah pesisir pantai dengan melakukan penghijauan melalui penanaman bibit pohon Mangrove," ucapnya.

Selanjutnya, dia juga mengingatkan baik secara sadar maupun tidak, sejatinya penanaman pohon ini akan sangat bermanfaat bagi lingkungan maupun kebutuhan masyarakat. Selain berfungsi untuk mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan, pohon Mangrove juga mempunyai kontribusi dalam penyediaan bahan pangan, papan, maupun kesehatan.

"Hutan Mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir," lanjutnya.

Selain itu, dia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dapat terus digerakkan secara berkelanjutan di wilayah Abdya demi mencegah terjadinya abrasi yang kerap terjadi di pesisir pantai wilayah Abdya sendiri.

"Kami berharap nantinya kegiatan ini tidak sebatas seremonial saja, mengingat wilayah pesisir pantai di Abdya rutin terjadi abrasi. Untuk itu, kami selaku Pemerintah Abdya mendukung kegiatan ini dalam upaya melindungi tanah di wilayah pesisir Abdya," pungkasnya. ***

---

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!