Polres Aceh Barat Peusijuk Dandim 0105/Abar, Ini Tujuannya

Bimcmedia.com
Bimcmedia.com | Saat polres Aceh Barat melakukan Peusijuk Kepada Dandim 0105/Abar sumber Foto Istimewa

Bimcmedia.com, Meulaboh: Polres Aceh Barat melakukan tradisi Peusijuk (tepung tawar) kepada Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafi’i Nasution yang baru menerima jabatan sebagai Dandim 0105/Abar berlangsung di Aula polres Setempat.

"Ini adalah sebuah momentum bersejarah karena Baru pertama kali ini juga polres melakukan Peusijuek kepada Bapak Dandim". Kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso . Pada Sabtu Malam, (3/12/22).

Lebih spesial lagi kata Kapolres kegiatan itu dibuat dengan menggunakan adat Aceh, diketahui hal tersebut untuk memuliakan tamu.

"Peusijuk ini adalah merupakan budaya untuk memuliakan tamu (peumulia jame) sehingga Peusijuk itu kalo kita Aceh itu, pertanda dipersilahkan untuk masuk dan dihantarkan untuk masuk kedalam rumah atau ke suatu daerah. Ungkap Polres.

Lanjut nya, ia juga menjelaskan dalam Peusijuk tersebut terdapat beberapa makna yang terkandung didalamnya, seperti air bermakna Kemakmuran dan beras juga menandakan Kemakmuran.

"Seperti air juga pertanda kemakmuran, beras juga menandakan kemakmuran" ujar nya

Semoga bapak Dandim dan ibu disini diberikan keberkahan Rizki yang sangat luar biasa, serta kesehatan,

Terakhir Pandji menjelaskan pulut dan ketan yang digunakan untuk tawar itu memaknai sebagai menempel nya semua doa semua harapan serta semua cita-cita dan semua hajat kepada Dandim.

"Sehingga pulut atau ketan yang tadi itu pertanda sebagai menempel nya semua doa semua harapan dan semua cita-cita dan semua hajat kepada diri bapak Dandim dan ibu Dandim". Terang nya

"Ini adalah budaya yang harus kita pertahankan kita lakukan sehingga kemanapun kita pergi Aceh loen sayang ( Aceh ku sayang)" pintanya

"Saya sangat mengapresiasi dan salut serta selalu welcome untuk my brother pak Dandim dan untuk keluarga besar kodim Aceh barat , kami senantiasa menjunjung tinggi solidaritas dan sindentitas hal itu kami letakkan diatas segala-galanya". Tutupnya***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!