Program di Hari Kedua, Volunteer Ekspedisi Kampung Bahari Kunjungi Desa Labuhan Jaya

Rombongan Tim Ekspedisi Kampung Bahari Mengunjungi Desa Labuan Jaya, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue. | Ist

Bimcmedia.com, Sinabang; Sebanyak 50 Volunteer Ekspedisi Kampung Bahari Kunjungi Desa Labuhan Jaya, di Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue. Senin,(19/06/2023)

Kunjungan yang dilakukan oleh tim Ekspedisi Kampung Bahari tersebut bertujuan untuk bersilaturahmi dan mensosialisasikan program-program yang akan dilaksakan pada 16-26 Juni 2023 di Mukim Teupah Selatan yakni, Desa Labuhan Bajau, Labuhan Bakti, Labuhan Jaya dan Desa Pasir Tinggi.

Kemudian, Tim Ekspedisi Kampung Bahari tersebut terbagi menjadi tiga kelompok yakni, Sosialisasi Pendidikan dan Kesehatan, Cagar Budaya dan Ekowisata. Masing-masing tim menjelaskan program-program yang akan mereka laksanakan.

Ketua tim sosialisasi Pendidikan dan Kesehatan Suchi Faradilla Tanjung mengatakan, tujuan dari tim tersebut untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan melalui sosialisasi dan langsung mengajar di beberapa sekolah di Desa Labuhan Jaya dan Desa lainnya.

" Bukan itu saja, kami juga meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan khususnya dalam pemenuhan gizi balita dan batita melalui program sosialisasi stunting dan pelatihan pembuatan teh daun kelor," Kata Suchi Faradilla Tanjung

Selain itu, Tim Cagar Budaya yang di pimpin oleh Anjely manyampaikan maksud dan tujuan timnya. Target dari tim adalah dengan melakukan pendataan dan publikasi mengenai cagar budaya yang ada di desa tersebut diantaranya, adat/istiadat, norma, bahasa dan peninggalan bersejarah.

" Selain melakukan pendataan, kami membantu mengembangkan kembali budaya yang ada di desa tersebut terhadap masyarakat setempat Ekspedisi Kampung Bahari," Jelas Anjely

Terakhir, untuk tim Ekowisata juga memaparkan apa yang menjadi target mereka, Tengku Dwilianti Hatika selaku mentor meyampaikan bahwa, tujuan utama dari tim mereka adalah eksplorasi objek-objek wisata dan potensi alam yang ada di empat Desa untuk diviralkan/dipromosikan ke kancah nasional bahkan mancanegara sebagai rekomendasi objek wisata di Simeulue.

Sementara itu, Kepala Desa Labuhan Jaya, Arif Dafikal Alam menyampaikan, masyarakat Desa Labuhan Jaya sangat mendukung sekaligus bersemangat menantikan program-program yang akan dilaksanakan oleh tim Ekspedisi Kampung Bahari mengingat selama ia menjabat sebagai kepala Desa baru kali ini mahasiswa hadir di Desa Labuhan Jaya. Beliau juga menjelaskan bagaimana adat budaya serta potensi ekowisata di desa tersebut.

" Ini merupakan momentum yang sangat luar biasa, kedatangan para mahasiswa ke Desa Labuan Jaya dengan program Ekspedisi Kampung Bahari memberikan kejutan untuk para masyarakat setempat dan anak-anak sekolah." Tutup Arif Dafikal Alam

Di akhir kunjungan tim Ekspedisi Kampung Bahari berkeliling Desa berdasarkan masing-masing tim untuk mengunjungi sekolah, tokoh adat, objek wisata potensial dan lain sebagainya.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!