Breaking News

Program Prakerja Akan Dibuka Awal Tahun 2021, Ini Jadwalnya

Laporan ,
Program Prakerja Akan Dibuka Awal Tahun 2021
Tangkapan Layar Halaman Depan Program Kartu Prakerja/bimcmedia.com

bimcmedia.com, Meulaboh : Kartu prakerja sudah memasuki pada gelombang 11 dan akan memasuki gelombang ke 12. Namun, Untuk memastikan data yang benar anda bisa memastikannya di Instagram resmi prakerja yaitu @prakerja.id dan link resminya pada www.prakerja.go.id untuk mendaftarkan diri anda sebagai penerima manfaat dari kartu tersebut.

Seperti yang diketahui, bahwa program kartu prakerja semi bansos dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia untuk melatih skill ketrampilannya dalam berwirausaha pada dunia nyata. Selain itu dari program tersebut juga mendapat insentif dari pemerintah sebanyak 2.4 juta secara bertahap ditambah uang survei 50 ribu sebanyak 3 survei dengan total anggaran didapatkan oleh peserta sebesar Rp. 2.550.000.,

Pendaftaran Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 11 dan telah ditutup pada 4 November 2020 lalu, para peserta pendaftaran tinggal mengecek status pengumuman pada laman resmi kartu prakerja tersebut.

Seperti dilansir dari laman Fixindonesia.com, Senin, (21/12/2020) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyediakan kuota bagi 400.000 peserta. Kuota tersebut berasal dari peserta gelombang 1 sampai 10 yang dicabut karena tidak memenuhi syarat dan tidak berhasil lolos.

Pemerintah sudah membuka program Kartu Prakerja gelombang pertama dari bulan April 2020 dan tujuan utamanya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membantu masyarakat Indonesia atas ketidak pastian ekonomi akibat Pandemi Covid-19 (Corona)

Anggaran yang akan diberikan oleh pemerintah untuk program Kartu Prakerja ini sebanyak Rp20 triliun. Sehingga, peserta yang lolos dan dinyatakan sebagai peserta aktif akan diberikan dana insentif.

Program Kartu Prakerja gelombang 11 menjadi gelombang terakhir pada tahun 2020, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan bahwa pembukaan program kartu Prakerja gelombang 12 akan segera dibuka di tahun awal tahun 2021 mendatang.

Hal ini telah dibenarkan oleh Denni Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja pada Selasa 3 November 2020 lalu sebagaimana dikutip dari Fix Indonesia.

“Maka program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 untuk para sobat Prakerja yang telah memasukan data atau yang belum berhasil sebagai penerima tahun 2020 jangan berkecil hati karena bisa mengikuti batch selanjutnya, batch bulan 1 di tahun 2021,” tutup Denni.

Sebagai informasi peserta pendaftaran Kartu Prakerja hanya berlaku sekali seumur hidup, ini bearti, jika kamu sudah mendaftar dan mendapatkan insentif di tahun 2020 maka kamu tidak bisa mendaftar dan menerima insentif untuk kedua kalinya di tahun 2021.

---
(AN)

Komentar

Loading...