Ratusan Masyarakat Desa Alue Jereujak Meriahkan Pesta Demokrasi Pilchiksung

Alue Jereujak
Bimcmedia.com | Abdulsalam, Salah seorang linmas sedang bertugas menjaga kotak suara bagi para pemilih | Foto : Mustafa Xelo

Bimcmedia.com, Aceh Barat Daya ; Ratusan masyarakat Desa Alue Jereujak di kecamatan Babahrot ikut meriahkan pesta demokrasi dalam rangka pemilihan kepala desa / Kechik yang di selenggarakan secara langsung (Pilchiksung) guna menentukan pemimpin untuk lima tahun KE depan, Rabu, ( 23 /03/ 2022).

Seperti yang telah di ketahui bersama bahwasanya pemerintah kabupaten Aceh barat daya dalam beberapa bulan terakhir mempersiapkan pemilihan kecik guna menentukan kepala desa.

Rahmat selaku wakil ketua panitia pemilihan kechik (P2K) Pilchiksung kali ini di Alue Jereujak, Alue Beuliyoung dan Alue Drim adalah satu desa dengan daftar pemilih tetap lebih kurang berjumlah 1184 orang.

"Benar, desa Alue Jereujak adalah nama desanya juga nama dusun, diantaranya ada dua dusun lagi yaitu Alue Beuliyoung dan Alue Drin, dan untuk saat ini jumlah pemilih tetap yang terhitung lebih kurang 1184. Ujarnya kepada pewarta bimcmedia.com.

Selanjutnya Ramat juga mengatakan bahwasanya masih ada beberapa masyarakat desa Alue Jereujak yang memiliki hak pilih dalam menentukan kepala desa namun tidak ikut memilih di karenakan diantaranya sedang berada di luar daerah.

"Ada beberapa masyarakat yang memilki hak suara yang tidak bisa ikut mencoblos dikarenakan berada di luar daerah, sehingga undangan untuk memilih yang telah di sediakan tidak bisa di gunakan" katanya.

Acara ini pemilihan kecik desa Alue Jereujak kali ini berlangsung di halaman masjid Jamik al-muslimin tepatnya dusun Alue Drin yang berada di antara dua desa yakni Alue Beuliyoung dan alue jeureujak.

Menurut Rahmat selaku panitia posisi ini sangat tepat di jadikan tempat untuk pemilihan dikarenakan berada di tengah sehingga masyarakat yang ikut memilih mudah juga menghindari konflik dalam Masyarakat dan lebih adil.

"Sengaja kita pilih lokasi di dusun alue drin guna menghindari konflik dalam masyarakat, apalagi kita ketahui bersama dalam masyarakat perlu di terapkan keadilan supaya acara ini lancar" tegasnya

Selanjutnya Khairul umami yang juga salah seorang peserta pemilih kepada pewarta mengatakan pilciksung kali ini adalah salah satu bentuk penyelenggaraan demokrasi yang bagus apalagi dalam menentukan kepala desa.

*Pemilihan kecik secara langsung kali ini lebih sangat bagus karena di selenggarakan di seluruh desa yang ada di kabupaten Abdya sehingga pesta demokrasi lebih nyata terlihat* ungkapnya.

Dia juga mengatakan dengan penuh harap pesta demokrasi yang semacam ini dapat merubah pola pikir masyarakat dalam menentukan siapa yang layak dan kepada yang terpilih nantinya mampu membawa perubahan untuk desa ke arah yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan.

"Pilciksung dengan cara semacam ini sangat bagus, masyarakat dapat menentukan siapa yang layak di jadikan pemimpin untuk lima tahun ke depan, dan tentu kita berharap kepada siapa pun nantinya terpilih amanah dalam menjalankan tugasnya," tutupnya Khairul umami.

Pantauan pewarta di lapangan acara berlangsung dengan lancar dan seluruh peserta pemilih tetap antri dalam menentukan hak pilih walaupun di tengah terik matahari. ***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!