sembuh dari covid-19, Ini Beberapa Hal Wajib yang Harus Dilakukan

Laporan ,
sembuh dari covid-19
Ilustrasi Gambar Pasien Sembuh Dari Covid-19 | Sumber Foto : Ala Dokter

Bimcmedia.com, Nasional : Setelah sembuh dari covid-19, itu bukan berarti bahwa diri anda akan kebal dari penyakit tersebut. Bisa saja penyakit tersebut akan kembali terjangkit, maka ada beberapa hal yang wajib dilakukan setelah sembuh dari penyakit covid -19.

Dari seluruh pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19, sekitar 22.9% pasien tersebut menderita batuk dan sesak nafas. Kemudian selanjutnya sekitar 15% mengeluhkan cepat lelah, nyeri sendi dan gangguan kognisi.

"Keluhannya berlangsung antara dari setelah 4 minggu terkena Covid sampai 6 bulan pasca terkena Covid atau 12 bulan. Itu yang di sebut long Covid," ucap Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Yuli Suciati, Sp.KFR dikutip dari Sindonews, Sabtu (07/08/2021).

"Latihan pernapasannya bisa dilakukan di rumah atau di rumah sakit jika pasien tersebut belum pulang. Gerakan tersebut sangatlah mudah tapi yang penting adalah gerakannya dilakukan konsisten setiap hari, minimal 10 sampai 20 menit. Nggak cuma latihan pernapasan, bisa dengan latihan lain. Akibatnya karena mudah capek, seperti, dengan latihan jalan," tambah dari dr. Yuli.

BACA JUGA : 

Maka untuk pasien yang masih merasakan batuk dan sesak, yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, maka disarankan untuk melatih sebuah sistem pernapasan. Dengan sebuah proses rehabilitasi pernapasan tersebut, pasien akan diajarkan bagaimana memasukkan oksigen sebanyak-banyaknya ke paru-paru sehingga efektif dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Sementara keluhan nyeri kepala dan nyeri leher, dr. Yuli mengimbau untuk melakukan peregangan. Gerakan tersebut sangat penting untuk dilakukan secara keseluruhan dan secara rutin setiap hari.

"Contoh jika terjadinya nyeri di leher, kaku di leher, maka dapat lakukan stretching daerah otot-otot leher dan bahu. Bisa juga di tulang belakang. Efek stretching tidak langsung, dampaknya akan ada setelah beberapa kali harus dilakukan latihan," tutupnya.

Maka dari itu kamu yang pernah terjangkit penyakit yang menyebar di seluruh Indonesia ini jangan sepelekan hal tersebut. Walau kamu sudah pernah kena penyakit itu, jika kamu tidak mematuhi protokoler dan melaksanakan kehidupan sehari-hari sesuka hati, maka kemungkinan akan terjangkit kembali.


[A-]

Komentar

Loading...