STAIN Meulaboh Bekali Dua Bahasa Asing Kepada Mahasiswa Baru

Laporan ,
Dosen ketika mengajari mahasiswa baru | Dok Pribadi

Bimcmedia.com, Meulaboh : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh bekali dua bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab kepada mahasiswa baru pada kegiatan matrikulasi tahun akademik 2023/2024.

Acara yang berlangsung dibuka langsung oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. H. Syamsuar, M.Ag pada Senin, 21 Agustus 2023 di halaman gedung kampus lama di Gampa, Jl. Sisingamangaraja, Meulaboh. Aceh Barat yang dihadiri para pimpinan dan sejumlah dosen yang berkompeten di bidangnya dan akan mengajar nantinya pada matrikulasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Erizar, M.Ed mengatakan, matrikulasi ini diberikan untuk mahasiswa baru selama 15 kali pertemuan.

Ia melanjutkan, matrikulasi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh agar menguasai kemampuan bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang kedua-duanya merupakan bahasa internasional yang diakui oleh PBB.

"Nantinya pengajaran bahasa asing ini diharapkan dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa unggul dan kompetitif sehingga menunjang program Kementerian Agama untuk menjadi kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang berkelas Dunia (World Class University)," terangnya.

Dalam hal ini, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. H. Syamsuar, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, saat ini kampus sedang melakukan MoU dengan kampus Internasional, agar kampus ini bisa menjadi kelas dunia. Jadi mulai sekarang harus kita persiapkan bersama agar bisa mencapai tujuan itu.

"Momen pembekalan bahasa asing ini nantinya mahasiswa diharapkan bisa meneruskan cita-cita bersama agar merambah ke dunia internasional sampai 5 benua," harap Dr. Syamsuar.

Dr. H. Syamsuar menghimbau, agar mahasiswa bisa serius untuk mengikuti kegiatan matrikulasi ini agar nantinya mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh bisa cakap dalam menguasai bahasa asing.

Ketua panitia kegiatan sekaligus Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPT PB), Rena Juliana, M.Pd mengatakan, kegiatan matrikulasi ini agenda yang tiap tahun dilaksanakan oleh UPT PB selain program toefl, program pojok bahasa asing seperti bahasa arab, bahasa Inggris, bahasa Korea dan bahasa China.

Rena menerangkan, khusus untuk mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 kita mengadakan matrikulasi selama 15 kali pertemuan dari tanggal 21 Agustus sampai 6 September 2023 sebagai pembekalan awal sebelum memasuki kelas kuliah.

"Kita berharap dari kegiatan ini mahasiswa/i nantinya bisa terbiasa dengan percakapan dengan berbahasa Arab maupun bahasa Inggris," pungkasnya.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!