STAIN Meulaboh Laksanakan Kuliah Umum Virtual pada Perkuliahan Tatap Muka Perdana

STAIN Meulaboh Laksanakan Kuliah Umum Virtual pada Perkuliahan Tatap Muka Perdana
Poster Informasi Kuliah Umum STAIN/bimcmedia.com

bimcmedia.com, Meulaboh : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh melaksanakan kuliah umum secara virtual (dalam jaringan/online) dalam rangka perkuliahan tatap muka perdana. Senin, 8 Maret 2021

Kuliah umum yang bertajuk "Melalui Student Centered Learning Menuju Mahasiswa Kreatif dan Inovatif" itu disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Nasir Aziz, MBA., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Pada perkuliahan yang berlangsung, Prof. Dr. Nasir Aziz, menyampaikan peran mahasiswa dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam dunia belajar agar menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif.

"Dalam hal ini mahasiswa jangan lagi mengandalkan pembelajaran searah hanya dari dosen semata, namun mahasiswa juga harus berperan aktif dalam mengembangkan skill dalam berinovasi," terang Nasir Aziz.

Ia menambahkan, namun percuma saja jika memiliki skill yang hebat namun tidak memiliki landasan keagamaan dan etika, maka semuanya itu sirna.

Prof. Nasir Aziz, juga memaparkan ada beberapa metode pembelajaran bagi mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dalam melalui Student Centered Learning (SCL) diantaranya, Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discoveri Learning, Self-Directed Learning, Coorperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Instruction, Project Based Learning dan Problem Based Learning.

Di akhir perkuliahan tersebut, Prof. Nasir Aziz, MBA., juga membagikan tips berupa skill yang akan dibutuhkan di dunia industri yang akan datang. Seperti Complex Problem Solving, Social Skill, Process Skill, System Skill serta Cognitive Abilities.

Smentara itu Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Mukhsinuddin, S.Ag., MM menyampaikan, terima kasih atas kesediaan waktu dari pembicara dalam kuliah umum dan perkuliahan tatap muka perdana STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

"Kita berharap semoga perkuliahan tatap muka di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dapat berjalan dengan baik dan lancar. Disamping itu, perkuliahan tatap muka yang akan berlangsung ini juga telah mengikuti protokol kesehatan," jelasnya Mukhsinuddin.

Kuliah umum yang dipandu Zulyadi Miska, S.Ag, Sub. Bagian Akademik tersebut turut diikuti ratusan partisipan baik itu dari kalangan dosen maupun mahasiswa serta masyarakat umum.

--
[]

Komentar

Loading...