Stain Meulaboh Laksanakan Milad Ke-6

bimcmedia.com, Meulaboh : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Provinsi Aceh, melaksanakan Rapat Senat terbuka dalam rangka Milad ke-6 tahun negeri kampus tersebut, pada Rabu, 30 September 2020 Dalam peringatan enam tahun penegerian kampus STAIN Meulaboh yang berada di Wilayah Barat Selatan  Provinsi Aceh ini. Dan Penegerian STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh diresmikan pada 19 September 2014 melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 31 tahun 2014.

Rapat senat terbuka STAIN Teuku Dirundeng Meulaboh/bimcmedia.com/FS



Dalam sambutan ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr. Inayatillah, M.Ag mengatakan bahwa Milad ke-6 ini adalah bagaimana STAIN telah berkontribusi dalam mendidik anak – anak bangsa ini, dan salah satunya hari ini kita lakukan belajar secara online yang merupakan dalam masa pandemi Covit- 19, ini perlu kita mencari solusi dalam mendidik mahasiswa dan bagaimana bisa berinovasi.

Pendidikan islam menjadi babak baru dalam digitalisasi disetiap lini kehidupan kita , dari itu apakah kita hanya masih status quo atau menjadi perubahan yang semestinya, dengan kemajuan tehnologi dan informasi mari kita melakukan perubahan, terutama perubahan STAIN ini menuju IAIN Meulaboh, katanya.

Dan juga bersamaan dengan milad ke-6 tahun 2020 kita bentuk “Rumah Seuramoe Moderasi Beragama ini merupakan unit kajian khusus yang disiapkan untuk mengkaji isu-isu terkait moderasi beragama di Aceh dan Indonesia,” terang Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Bersamaan peresmian ini, lanjut Inayatillah, digelar Webinar Nasional bertajuk “Moderasi Beragama dan Tantangan di Era Disrupsi.” Webinar ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis, Dosen Antropolog pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Reza Idria, Ph.D dan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah.M.Ag. Dan Sebagai Keynot Speaker  Menteri Agama RI menyampaikannya melalui rekaman video.

Kemudian dalam rapat senat terbuka yang kita lakukan juga penyampaian orasi ilmiah oleh Dr. Sullati Armawi, M.Pd beliu Dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh lulusan S3 Universitas Tunisia Afrika dalam kosentrasi Sastra Arab. Beliau mengangkat topik orasi ilmiahnya adalah, “Moderasi beragama pilar Utama Moralitas Bangsa”. Dalam orasinya Sullati menyampaikan bahwa moderasi itu adalah bagaimana kita dalam toleransi antar agama, menghargai keberagaman, bertenggang rasa, saling menghormati, dan dalam persaudaraan, jelasnya. Dan nilai-nilai moral ini menjadi pondasi dan filosofi masyarakat nusantara ini dalam hidup berbangsa dan bernegara serta juga moderasi itu dengan prinsip, adil dan berimbang jelasnya.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Aceh Barat, H Ramli MS mengatakan bahwa STAIN Meulaboh sangat memberikan, kontribusinya dalam pembangunan pendidikan di Aceh Barat dan selamat dalam milad ke-6 serta sukses kedepannya menuju lebih berkualitas dan maju, serta bagaimana mendidik mahasiswa menjadi alumni yang menjaga amanah membawa STAIN menjadi Insan yang Taqwa dan kompetitif.

” STAIN bisa bersaing di kancah nasional bahkan internasional dan juga bagaimana STAIN Meulaboh menjadi mitra pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam mendukung pelaksanaan syariat Islam di Aceh Barat,” jelas Ramli,

Kemudian Ketua Panitia pelaksana Milad ke-6 STAIN Teungku Dirundeng  Meulaboh, Muhsinuddin, S.Ag, M.M beliau juga Wakil Ketua bidang akadek STAIN Meulaboh menjelaskan, selain webinar nasional, ada sejumlah kegiatan lain  yang dilakukan di kampus  STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dalam rangka Milad tahun 2020 antara lain adalah rapat senat terbuka dalam rangka Milad ke-6 pada 30 September 2020 dengan penyampaian Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Sullati Armawi, MA (dosen STAIN Meulaboh).

Selanjutnya, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga menggelar santunan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini berupa penyerahan bantuan untuk anak yatim, serta pengabdian dalam masyarakat mengirim khatib untuk  20 Masjid di Kabupaten Aceh Barat ini,” Pungkas Muhsin.

(Redaksi/FS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: