Tanam 101 Juta Pohon, Ganjar Pulihkan 251 Hektare Lahan Kritis

Ganjar
Poster Gambar Pulihkan Lahan Kritis dari Gubernur Jawa Tengah • Istimewa

Bimcmedia.comJawa Tengah : H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. adalah Gubernur Jawa Tengah telah mewarisi 634.598 Ha (Enam Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh Delapan) Hektare lahan rusak saat pertama kali saat memimpin. Padahal, potensi kehutanan di Jawa Tengah sangat besar. Dengan berbagai macam perhitungan, Ganjar akhirnya mencanangkan penanaman pohon sebanyak-banyaknya.

Pada tahun 2021 jumlah pohon yang Ganjar tanam di seluruh wilayah Jawa Tengah mencapai Seratus Satu juta batang. Pohon yang ditanam pun bukan asal - asalan karena harus menyesuaikan karakter dan jenis hutan. Ada pohon gayam, beringin, jati, mangrove, kayu putih dll. Hasilnya lahan kritis di Jawa Tengah berkurang drastis menjadi 375.733 Ha (Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Tujuh Ratus Tiga Puluh Tiga) hektare.

Dalam sebuah keterangan press release yang diterima oleh media bimcmedia.com, Kamis, ,28 Juli 2022 Menjelaskan bahwa saat ini total luasan hutan di Jawa Tengah mencapai 1,29 juta hektare. Terdiri dari 83.705,94 ( Delapan Puluh Tugas Ribu Tujuh Ratus Lima Koma Sembilan Empat) hektare hutan lindung, 15.329,48  (Lima Belas Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Koma Empat Puluh Empat) hektare hutan konservasi, 550.813,17 (Lima Ratus Lima Puluh Ribu Delapan Ratus Tiga Bekas Koma Tujuh Belas) hutan produksi dan 640.393,88 (Enam Ratus Empat Puluh Ribu Tugas Ratus Sembilan Puluh Tiga Koma Delapan Puluh Delapan) hutan rakyat.

Memang tak banyak pemimpin yang mampu memadukan kerja pembangunan dengan penghijauan. Apalagi, peraturan tata ruang seringkali kalah dengan tata uang. Dan Ganjar telah membuktikan keberpihakannya, untuk pembangunan sekaligus penghijauan demi menjaga keseimbangan kehidupan.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!