Temui Kadishub Aceh, PJ Bupati Simeulue Minta Rute Pelayaran Calang–Sinabang Difungsikan

Pj. Bupati Simelue Ahmadlyah Audiensi Bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh T. Faisal di Banda Aceh. |Sumber Foto : KB Prokopim Simelue

Bimcmedia.com, Simelue; Pejabat Bupati Simelue Ahmadlyah lakukan kunjungan dan koordinasi ke Dinas Perhubungan Aceh, di Banda Aceh, Senin (24/07/2023)

Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati Simelue Ahmadlyah disambut baik dan diterima langsung Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh T. Faisal bersama dengan stafnya.

Disana Pj. Bupati Ahmadlyah menyampaikan dan mengharapkan beberapa hal diantaranya :

1. Rute Kapal AH 1 Rute
Sinabang dan Calang
secepatnya segera
difungsikan kembali.
2. Pentingnya rekayasa dan
penambah rute transportasi
laut dari daratan Aceh ke
Simeulue untuk
mensukseskan pelaksanaan
MTQ Tingkat Provinsi yang
ke-36 dilaksanakan di
Simeulue direncanakan pada
November 2023.
3. Solusi dan bantuan melalui
anggaran Provinsi terkait
pembangunan dermaga
masyarakat di Pulau Siumat
dan Pulau Teupah.
4. Percepatan keberlanjutan
dan kelancaran
pembangunan pelabuhan
Sibigo perlu dikawal bersama
dengan pihak Provinsi.
5. Rute perintis agar
diprioritaskan untuk ditinjau
ulang terutama lintasan
penyeberangan dari Simeulue
ke Tapak Tuan dan
sebaliknya, yang sebelumnya
juga sudah disurati
Pemerintah Kabupaten
Simeulue.

Dijelaskannya, Pj Bupati Ahmadiyah mengatakan, beberapa hal tersebut merupakan harapan kami dan juga masyarakat Simeulue, segera diberikan informasi dan kiranya menjadi perhatian dan dukungan dari Provinsi melalui Dinas Perhubungan Aceh.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perhubungan Aceh T. Faisal mengatakan, terkait rute Sinabang-Calang dan sebaliknya terjadi penghentian sementara diakibatkan terbentur dengan regulasi dan kewenangan pengoperasian.

" Alhamdulillah untuk sementara ini sudah ada tindak lanjut Bapak Gubernur Aceh melalui suratnya ke-Kementerian Perhubungan RI di Jakarta pada Tanggal 10 Juli 2023 yang lalu, sehingga akan ada solusinya," Jelasnya T. Faisal Kepala Dishub Aceh

Perlu diketahui bahwa status Pelabuhan Calang berada di bawah Dirjen Laut, sementara Kapal Ferry dibawah Dirjen Hub Darat, dan sedang dicari solusi penerbitan izin berlayar di Kementerian Perhubungan RI.

Mengatasi hal tersebut, memenuhi pelayanan masyarakat, sementara saat ini rute penyeberangan ke Sinabang dengan Kapal Ferry Aceh Hebat 1 dialihkan ke Bubon sampai ada solusi dan difungsikan kembali di Pelabuhan Calang. Jika sudah ijin penyeberangannya maka Ferry Aceh Hebat 1 akan kembali melayani rute Sinabang-Calang maupun sebaliknya.

Terkait penyeberangan melalui pelabuhan Sibigo, Kadishub Aceh menyampaikan dokumen sudah diajukan, dan dialokasikan melalui pokok pikiran anggota DPR RI Irmawan, usulan yang diajukan di Tahun 2024.

Sementara tarif tiket saat ini sesuai dengan standar regulasi ASDP dari Pusat, sehubungan demgan kenaikan harga BBM berpengaruh kepada operasional dan tarif, namun untuk mahasiswa tarif tiket diskon dan ada slot khusus untuk mobil ambulance.

Selanjutnya untuk rute perintas, sesuai permintaan sudah masuk dalam usulan dan dalam waktu dekat akan dibahas di tingkat kementrian, pungkas T. Faisal.

Turut mendampingi Pj. Bupati Simeulue antara lain Anggota DPRK Simeulue Abu Sari dan Syahrian, Kadishub.Mulyawan Rohas, Sekretaris Bappeda Suparmi, Kabag. Perundang-Undangan Dedi Defayan, dan Kabag. Prokopim Romaidon Darma.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!