Tiga Gampong di Meulaboh Diterjang Banjir Rob

Banjir Rob
Salah satu kawasan Gampong yang diterjang oleh banjir Rob di Meulaboh | Ist

Bimcmedia.com, Meulaboh : Tiga Gampong di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat Diterjang Banjir Rob atau yang biasa disebut Pasang purnama, Minggu (03/07/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Aceh Barat) Dr.H.Mukhtaruddin, S.Sos, M.Si melalui Pusat Kendali Operasi (PUSDALOPS) kepada awak media Menyampaikan Bahwa, kejadian Pasang purnama atau yang biasa diketahui Banjir Rob terjadi sekitar pukul 06:00 pagi hari juga menerjang beberapa desa.

"Sekitar jam 6 pagi ombak gelombang pasang menerpa bibir pantai di 3 Gampong dengan kencang, sehingga air meremdamkan beberapa rumah warga yang berada dekat dengan bibir pantai"

Ada beberapa Gampong yang berada di Kecamatan Johan Pahlawan terkena imbas dari Pasang purnama atau Banjir Rob tersebut diantaranya Gampong Pasir, Ujong Kalak, dan Suak Ribe.

"Beberapa Gampong yang diterjan Ombak Pasang yakni Gampong pasir dan Ujong kalak, juga bahkan kantin masyarakat yang ada di sepanjang bibir pantai Suak Ribe".

Saat ini Pusdalops BPBD Aceh Barat Terus melakukan Konsolidasi dengan berbagai pihak untuk selalu memantau dan melaporkan perkembangan terbaru terkait ombang pasang tersebut.

"Ada beberapa instansi dan lembaga yang terlibat dalam hal ini diantaranya Pusdalops dan Rescue BPBD Aceh Barat, Rapi, TNI, POLRI, TAGANA, Masyarakat Setempat dan lain sebagainya".

BPBD Aceh Barat juga melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika Meulaboh Nagan Raya untuk memastikan terkait dengan ketinggian ombak pasang saat ini hingga kedepannya.

"Hasil koordinasi Pusdalops dengan Stasiun Meteorologi Meulaboh Nagan Raya, perkembangan tinggi gelombang di wilayah barat - selatan Aceh khususnya Meulaboh. Kondiisi gelombang laut untuk hari ini hingga Senin depan masih Tinggi, Maksimal gelombang tinggi mencapai 4 meter - 5,5 meter, Masyarakat yang tinggal di pesisir barat-selatan dihimbau agar selalu berwaspada adanya Potensi Gelombang tinggi Laut".

Saat ini juga Masyarakat membutuhkan Goni atau Karung digunakan untuk memasukkan pasir dengan tujuan menahan air laut masuk kedalam rumah warga sekitar.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!