Tiga Kejadian Gempa Bumi Menengah Terjadi di Aceh

infografis gempa wilayah Aceh selama sepekan periode 7 - 13 Juni 2024. Aktivitas gempabumi pada periode ini berjumlah 18 kejadian. Dalam sepekan terakhir, terdapat 3 kejadian gempa yg dirasakan oleh masyarakat Aceh.

Bimcmedia.com, Banda Aceh:Tiga kejadian gempa bumi dengan magnitudo berkisar antara 3 hingga 5 mengguncang wilayah Aceh pada hari ini. Gempa bumi tersebut berpusat di Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Selatan. Guncangan gempa dirasakan oleh warga dengan skala II-III MMI di sekitar pusat gempa.

PMG Muda Stasiun Geofisika Aceh Besar, Herdiyanti Resty Anugrahningrum, mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, kejadian gempa bumi di Aceh didominasi oleh gempa bumi kecil dengan magnitudo di bawah 3 (M<3). "Secara keseluruhan, ditinjau dari kekuatan (magnitudo), gempa bumi didominasi oleh gempa bumi kecil atau magnitudo di bawah 3 (M<3) sebanyak 15 kejadian gempa bumi," ujarnya.

Selain itu, Herdiyanti juga menambahkan bahwa dari segi kedalaman, gempa bumi yang terjadi di Aceh sebagian besar tergolong sebagai gempa bumi dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 km. "Sementara, jika ditinjau dari kedalaman, gempa bumi yang terjadi dominan tergolong dalam gempa bumi dangkal (km< 60) sebanyak 18 kejadian," jelasnya.

Berdasarkan analisis lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi di Aceh didominasi oleh jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas beberapa patahan. "Gempa bumi yang terjadi didominasi oleh jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Patahan Aceh, Patahan Seulimum, Patahan Andaman Barat, Patahan Lokal di Aceh Selatan, dan Zona subduksi pantai barat Aceh," terang Herdiyanti.

Menyikapi kejadian ini, Herdiyanti menghimbau masyarakat untuk tetap siaga dan waspada. "Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga dan waspada. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tegasnya.

Dengan adanya tiga kejadian gempa bumi menengah ini, masyarakat Aceh diharapkan untuk selalu memantau informasi dari BMKG dan tetap tenang dalam menghadapi situasi ini. Langkah-langkah kesiapsiagaan dan kewaspadaan sangat penting guna mengurangi risiko dan dampak dari gempa bumi yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!