Tim PHP2D Himadistra FISIP UTU Melakukan Sosialisasi Program

Laporan ,
Tim PHP2D Himadistra
Bimcmedia.com | Tim PHP2D Himadistra Melakukan Sosialisasi Program " literasi pendidikan bagi anak-anak gampong Lancong | Foto : Marzuki

Bimcmedia.com, Aceh Barat : Sebanyak 50 partisipan yang terdiri dari berbagai kalangan mengikuti acara Sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilakukan oleh Tim PHP2D Himadistra, pada Rabu (04/08/2021) yang bertempat di Balai Musyawarah Gampong Lancong.

Kegiatan sosialisasi  tersebut bertema "Pengembangan Literasi Pendidikan bagi Anak-Anak Gampong Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat"  disosialisasikan oleh Tim PHP2D Himadistra, FISIP UTU demi meningkatkan literasi bagi anak-anak Gampong Lancong.

Acara ini juga turut di hadiri oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Jasman J. Ma'ruf, SE.,MBA, yang membuka secara resmi kegiatan tersebut sekaligus melakukan penyerahan secara simbolis mahasiswa Tim PHP2D Himadistra Kepada Geuchik Lancong.

Dalam arahannya ia sangat mendukung dan mengharapkan progress dari kegiatan tersebut. "Literasi merupakan suatu program nasional dan sudah tentu kegiatan ini sebagai salah satu usaha untuk mendukung program tersebut. Selain itu juga saya harapkan kepada Pak Keuchik maupun aparatur gampong untuk dapat mendukung penuh kegiatan mahasiswa kami. Kemudian kepada Teuku Umar Muda dan Cut Nyak Dhien Dara (sebutan untuk Mahasiswa/i Universitas Teuku Umar) untuk selalu turut ikut serta dalam kegiatan Gampong Lancong sembari menjalankan program PHP2D yang bertema Literasi ini."

Pjs.Keuchik Gampong Lancong  Antom Sabar dalam sambutannya sangat bersyukur dan senang karena gampong nya terpilih sebagai lokasi untuk kegiatan Tim PHP2D HIMADISTRA tersebut. Dalam sambutannya ia menyatakan bahwa " tingkat kesadaran literasi di SDN Lancong masih rendah dan mungkin ini semua karena faktor geografis dari gampong Lancong yang bisa dikategorikan terpencil, dan saya selaku pimpinan di desa ini beserta aparatur akan mendukung penuh kegiatan adek-adek ini."

Pembimbing dari Tim PHP2D HIMADISTRA, yaitu Safrida, S.Sos.,M.AP ikut prihatin melihat kondisi pendidikan terutama literasi di SDN Lancong ia menyatakan bahwa "ternyata setelah kami lakukan survey awal kemarin masih ada anak-anak SDN Lancong yang belum mahir dalam membaca."

Acara sosialisasi pada hari ini juga ikut dihadiri oleh para mitra Tim PHP2D yang terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat yang diwakili oleh Korwil 2 Aceh Barat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat serta SOMBEP Aceh Barat. Salah satu dari mitra yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, langsung menyatakan kepada Tim PHP2D HIMADISTRA untuk mengusulkan buku apa saja yang dibutuhkan nantinya karena mereka siap untuk menyalurkannya.

Selain itu juga acara ini turut dihadiri oleh perwakilan, Camat Kecamatan Sungai Mas, Koramil 01 Sungai Mas, Kapolsek Sungai Mas, Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat, aparatur gampong Lancong serta masyarakat dan acara ini tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan karena mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.


CW 06

Komentar

Loading...