Tim PPK ORMAWA DPM UTU, Mulai Melaksanakan Pengabdian

Tim PPK ORMAWA DPM UTU
Tim PPK Ormawa DPM UTU, Saat Penyerahan ke Desa Sumber Bakti, Oleh Bidang Kemahasiswaan UTU | Istimewa

Bimcmedia.com, Aceh Barat : Tim Program Pengembangan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teuku Umar (PPK ORMAWA DPM UTU) periode 2022/2023 mulai melaksanakan pegabdian tepatnya di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya pada, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 2741/E2/KM.09.00/2022 tentang penilaian seleksi akhir Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada tanggal 31 Mei – 9 Juni 2022.

Sebagai mana yang di terima bimcmedia.com pada pagi Kamis 7, Juni, 2022 melalui rilis pers dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Teuku Umar ( DPM UTU ) pihaknya mengatakan Tim dari PPK Ormawa telah di lakukan pelepasan dan sudah mulai melaksanakan pengabdian.

"Alhamdulillah sudah dilakukan pelepasan Tim PPK Ormawa DPM UTU yang didampingi langsung oleh pihak bagian kemahasiswaan UTU dan beserta Dosen Pembimbing Tim PPK Ormawa DPM. Pada kegiatan pelepasan kita juga sudah mendengar langsung arahan baik dari pihak kemahasiswaan, dosen pembimbing maupun pihak pimpinan DPM UTU," Kata Ibnu.

Pihaknya juga menyampaikan bahwasanya kegiatan yang di lakukan tersebut dengan berjudul program adalah “Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Para Pihak Guna Mewujudkan Kampung Iklim Pada Ekosistem Gambut di Desa Sumber Bakti”.

Program kampung iklim adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap kelompok terhadap masyarakat yang melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan cuaca secara berkelanjutan.

Kampung Iklim berbasis ekosistem Gambut adalah sebuah bentuk program pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan beragam kegiatan lainnya, di antaranya pelibatan masyarakat dengan berperan sebagai pengontrol lahan gambut agar tidak terbakar, tidak sampai disitu saja mereka juga melakukan patroli, kelompok masyarakat ini juga aktif dalam mengedukasi masyarakat lainnya.

Sementara itu pihak Kemahasiswaan Universitas Teuku Umar yang di wakili oleh Saudara Marhaban, SE juga mengatakan sangat mendukung kegiatan semacam itu dan ia juga mengucapkan sukses kepada Tim PPK Ormawa DPM UTU.

"Selamat dan sukses untuk lima bulan kedepannya kepada Tim PPK Ormawa, jaga nama baik kampus serta berikan seoptimal mungkin untuk kemajuan desa dimana kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni terkait pengabdian masyarakat, sehingga dari kegiatan tersebut ada impact untuk lokasi yang dilakukan implementasi program yang di ajukan," kata Marhaban.

Secara terpisah, perwakilan masyarakat Desa Sumber Bakti yang diwakili oleh Ahmadi Jafar mendukung penuh terkait kegiatan mahasiswa PPK Ormawa DPM di desanya, ia juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan impact dan output yang subtansi dan jika perlu bersifat berkelanjutan, disebabkan memang desa tersebut sangat masih tertinggal dari desa-desa lainnya.

"Kita mendukung penuh kegiatan mahasiswa PPK Ormawa ini, kami bangga ada mahasiswa yang mau melihat kondisi kami disini, meski desa kami tertinggal namun kami tetap akan terus menerus tamu siapapun itu disebabkan dengan banyaknya orang datang desa kami akan semakin dikenal. Harapannya mahasiswa yang melakukan di desa kami mampu memberikan perubahan baru khususnya dalam membangun desa kami agar lebih di kenal khalayak umum, serta juga dari kegiatan mahasiswa selama lima bulan kedelapan mampu memberikan impact dan output yang bersifat berkelanjutan," pungkasnya.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!