Tips Mengurangi Kadar Gula Darah dengan Minum Teh Hijau

Gula Darah
Ilustrasi Gambar Teh Hijau dan Orang Sakit Gula Darah | Sumber Foto : HaloDoc

Bimcmedia.com,Nasional: Dalam  penelitian yang telah diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition pada tanggal 14 Juni 2022 menunjukkan bahwa minum teh hijau menurunkan gula darah dan juga dapat meningkatkan kesehatan usus.

Pewarta dikutip dari laman portal berita suara.com menjelaskan bahwasanya, Para peneliti di Ohio State University melakukan penelitian kecil pada 40 peserta yang mengonsumsi permen karet ekstrak teh hijau setiap hari selama 28 hari. Orang dalam melaporkan bahwa ini sama dengan lima cangkir teh hijau.

Sekitar 19 peserta sehat, sementara 21 lainnya menderita sindrom metabolik, kumpulan kondisi termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak perut dan kadar kolesterol abnormal.

Partisipan diminta untuk makan makanan rendah antioksidan yang disebut polifenol saat mengonsumsi permen karet teh hijau. Para peneliti menganalisis sampel feses dan urin yang digunakan untuk mengukur peradangan dan kadar gula tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak teh hijau mengurangi gula darah, peradangan usus, dan permeabilitas usus pada peserta sehat dan mereka yang memiliki sindrom metabolik.

Permeabilitas usus adalah kemampuan usus untuk menyerap air dan nutrisi dari makanan. Studi ini menunjukkan bahwa bahan kimia anti-inflamasi dalam teh hijau yang disebut catechin membantu meningkatkan kesehatan usus dan kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah.

Menurut National Cardiopulmonary Blood Institute, "Hasilnya sangat menjanjikan bagi penderita sindrom metabolik karena diduga disebabkan oleh peradangan dan gula darah tinggi."

Rekan penulis penelitian Joanna Hodges mengatakan penelitian di masa depan perlu menganalisis seberapa banyak ekstrak teh hijau dapat memberikan manfaat maksimal tanpa efek samping.

Dia juga mengatakan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang bagaimana ekstrak teh hijau dapat membantu mengobati kondisi usus lainnya seperti penyakit iritasi usus.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!