Tips untuk Mempertajam Ingatan Anda

Laporan ,
Mempertajam Ingatan
Ilustrasi Gambar/Foto : Alodokter.com

bimcmedia.com, Meulaboh : Penyakit lupa memang sangat sepele, namun terkadang lupa bisa sangat menyebalkan dan membuat fatal pada sebuah pekerjaan atau kegiatan. Contoh, ketika kita ingin pergi, rumah sudah terkunci namun kita lupa pakai masker sehingga kita harus membuka kembali pintu yang sudah dikunci.

Maka saat lupa terjadi atau ingatan buruk terjadi konsisten, inipun akan menjadi sebuah permasalahan. Namun ada beberapa cara untuk mencegah penyakit lupa sekaligus mempertajam ingatan Anda.

Berikut 7 tips untuk mempertajam ingatan, dilansir pada CNNIndonesia.com, Jum'at, (12/02/2021) adalah sebagai berikut :

1. Kurangi Asupan Gula
Untuk mengurangi atau mencegah terjadinya risiko kehilangan ingatan, maka sebaiknya kontrol asupan gula dengan mengganti camilan anda yang serba mengandung pemanis dengan banyak buah potong atau kacang-kacangan. Kemudian kurangi konsumsi juga minuman

Rasa manis mendatangkan sensasi menyenangkan saat bersantap. Namun ini tidak membuahkan hal manis buat ingatan.

2. Minum Kopi

Sebuah studi penelitian pada 2014 menemukan orang yang mengonsumsi 200 miligram kafein mendapat skor lebih baik saat tes ingatan dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Kafein juga dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Kebiasaan minum kopi selama ini ternyata berdampak baik untuk merawat kemampuan dalam mengingat.

3. Mengisi TTS
Dalam sebuah riset, menyebutkan bahwa kemampuan dalam mengingat, ingatan jangka pendek, juga kemampuan menyelesaikan masalah meningkat secara signifikan setelah mengisi teka-teki silang.

Seperti halnya otot, otak pun perlu terus terlatih agar tetap sehat. Seperti olahraga mental dengan mengisi teka-teki silang di sela jam istirahat bakal meningkatkan kemampuan dalam mengingat. orang yang hanya 15 menit dalam melatih otak setidaknya 5 hari dalam seminggu akan mengembangkan fungsi otaknya.

4. Makan Dark Chocolate
Rasa pahit dan manis yang terdapat pada dark chocolate dapat membantu kemampuan dalam ingatan anda, karena kandungan flavonoid pada dark chocolate membantu memompa kinerja pada otak.

Saat memilih sebuah cokelat, maka pilih yang setidaknya mengandung 72 persen kakao dan wajib hindari yang mengandung banyak gula tambahan.

Orang yang mengonsumsi dark chocolate dapat memiliki performa lebih baik pada tes memori spasial daripada yang tidak mengonsumsi dark chocolate.

5. Lebih Banyak Asupan Cairan
Cara untuk mempertajam ingatan adalah dengan memperbanyak asupan cairan. Karena dengan banyaknya asupan cairan dapat mempercepat kecepatan reaksi mental 14 persen lebih cepat setelah tubuh terhidrasi dengan air.

6. Cukup Tidur
Setidaknya kamu harus memenuhi kecukupan saat tidur selama 7-9 jam. Sehingga, otak pun bakal cukup punya waktu untuk menciptakan dan menyimpan ingatan jangka yang panjang.

Tidur menjadi bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Tidur pun bakal mempengaruhi kemampuan kognitif anda.

Karena akibat dari kurangnya tidur atau tidur tidak cukup dapat mengakibatkan masalah kognitif karena ada gangguan pada otak memproses memori.

7. Perbanyak Makan Ikan Lemak
Tidak semua lemak 'jahat'. Karena lemak tetap diperlukan oleh tubuh, terlebih lemak sehat termasuk asam lemak omega 3.

Lemak tersebut berfungsi untuk membantu mengontrol inflamasi yang mana kerap diakibatkan 'banjir' insulin berkat konsumsi makanan tinggi gula. Perlahan, inflamasi bakal mengakibatkan penurunan kemampuan kognitif.

---
[AN]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!