Update Corona di Pijay: 7 Pasien Positif, Tersebar di 5 Kecamatan

Bimcmedia.com, Pidie Jaya – Pasien positif corona di Kabupaten Pidie Jaya hingga minggu (30/8/2020) masih tercatat sebanyak 7 orang yang tersebar di 5 kecamatan.

Dari 7 kasus positif Covid-19 yang tercatat ini, 2 orang di antaranya masih dirawat di rumah sakit, 4 isolasi, serta 1 lainnya meninggal dunia.

Tujuh konfimasi positif tersebut berasal dari Lima kecamatan yakni Kecamatan Meureudu, Meurah Dua, Ulim,Trienggadeng dan Kecamatan Bandar Dua, ujar Jurubicara Posko Covid – 19, Eddy Azwar, SKM, M.Kes, Minggu (30/8/2020).

Menurut dia, pasien yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 itu terdiri dari 2 orang perempuan dan 5 orang laki-laki (1 meninggal).

“Dengan bertambahnya jumlah pasien tersebut, maka secara kumulatif
dengan rincian ODP 78 orang, 2 orang positif di rawat di rumah sakit, melakukan isolasi mandiri 4 orang dan 1 orang meninggal dunia,”kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya.

Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan pelacakan aktif dan menelusuri penularan virus corona di daerah ini.

“Tracking aktif ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mempersempit penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona itu tidak meluas,” terang Eddy.

Ia menjelaskan, pelacakan aktif itu dengan cara melacak dan menelusuri orang-orang berisiko dan memiliki kontak dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif.

Eddy juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Pidie Jaya agar bersama-sama bergotong-royong dalam mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti semua anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mematuhi protokol kesehatan di antaranya dengan memakai masker saat beraktivitas di manapun dan kapanpun, serta mencuci tangan menggunakan sabun.

“Kita mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, serta mencuci tangan sesering mungkin dan berdoa kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir” harapnya.

Eddy mengajak kepada masyarakat berikan semangat kepada pasien yang positif serta tidak menganggap aib bagi keluarga yang terkena covid – 19 dan memberikan dukungan serta berdoa untuk proses kesembuhan pasien tersebut.

“Kami mendesak peran seluruh perangkat di 222 gampong di Pijay agar mengaktifkan kembali Posko Covid-19,karena dengan bergotong royong dan bersatu kita bisa mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19 di kabupaten Pidie Jaya,” , tekan Eddy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: