UTU Bekerjasama dengan PLN Lakukan Penanaman Pohon Kaliandra, Ini Kata Prof Jasman

UTU
Foto Bersama Kerja Sama UTU & PLN dalam Penanaman Pohon Kaliandra | Foto : Mustafa Xelo

Bimcmedia.com, Meulaboh : Universitas Teuku Umar (UTU) kembali membangun kerja sama dengan instansi Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) dalam hal ini kampus yang memiliki semangat agro marine and industry tersebut menjalin hubungan dengan Perusahaan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN Persero) Sumatra Bagian Utara, Sabtu (16/07/2022)

Universitas Teuku Umar dengan semangat nya dan di dukung juga oleh kegigihan dari civitas akademika yang mempuni juga usaha dengan berbagai macam cara dalam melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah dan industri dan bersaing dengan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di tanah air walaupun dalam hal ini Kampus tersebut masih dalam kategori Satker (Satuan Kerja) akan tetapi setiap tahun prestasi selalu di dapatkan.

Betapa tidak, UTU yang baru saja  berumur sangat muda di antara kampus lain di provinsi Aceh khususnya dengan cepat mendapatkan predikat dan bermacam prestasi bahkan baru-baru ini saja UTU kembali kembali berhasil memposisikan diri pada peringkat ke satu ( 1 ) untuk Wilayah Sumatera dalam pencapaiannya Indikator Kinerja Utama ( IKU ) dan peringkat ke lima (5) secara nasional dengan poin 41 dalam kategori PTN Satker.

Tepat pada hari Jum'at tanggal 15 Juli 2022 UTU kembali membangun kerjasama dengan salah satu perusahaan listrik negara dalam hal ini kampus yang di kenal dengan "Agro Marine and Industry" tersebut berupaya melestarikan dan menanam pohon Kaliandra.

Herri Darsan, S.T., M.T selaku ketua tim riset menyampaikan hasil penelitian dihadapan para tamu undangan, Kaliandra Adalah salah satu jenis tanaman yang paling banyak di tanam di daerah dataran tinggi Aceh seperti Gayo Lues, tanaman ini sangat banyak fungsi serta manfaat nya bahkan daunnya bisa di olah untuk di jadikan pakan ternak dan tentunya juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Awal mula muncul Inovasi menanam pohon Kaliandra ini kita melihat lihat di Gayo Lues, dalam hal ini kita menemukan dua potensi di antaranya gamal dan Kaliandra, karena setelah kita mengkaji ini sangat bagus untuk potensi ekonomi masyarakat di sini" ungkapnya Herri Darsan.

Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA. juga berharap penelitian yang di lakukan oleh pihak kampus UTU bisa di terapkan dalam lingkungan masyarakat dan menjadi sebuah referensi sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Kita berharap dengan upaya-upaya seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan oleh publik, contohnya tanaman yang sederhana seperti Kaliandra ini" ungkapnya

Ia juga menyinggung terkait Aceh yang saat ini sebagai salah satu provinsi termiskin di Indonesia sehingga dalam hal ini menjadi tanggung jawab bersama dalam hal berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian agar citra kemiskinan di aceh bisa di hilangkan.

"Kita ingin membuat sesuatu untuk bangsa, kita ingin berjuang agar bangsa ini bisa terselesaikan, bahwa Aceh salah satu daerah termiskin di Sumatera kalo di Indonesia nomor lima, itu kata statistik, artinya itu adalah tanggung jawab kita bersama" ungkapnya Mantan Rektor UTU.

Sebelum kegiatan inti berlangsung Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA. dalam acara tersebut juga memperkenalkan kepada pihak PT PLN tentang seputaran diruang lingkup gedung UTU serta di akhir acara di lakukan dengan penanaman pohon secara bersama.

Pantauan Bimcmedia.com di lapangan acara tersebut turut di hadiri oleh Purnomo selaku general manager PLN Unit Induk Sumatra Bagian Stara ( UIK SBU ) , Juga Ajrun Karim Sebagai Vrice President Lingkungan PT PLN Persero, Turut Hadir Zulfan Idris Kaban dari manajer PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Nagan Raya, serta turut di hadiri unsur Dekan dan civitas akademika UTU guna untuk menyemarakkan acara tersebut serta tamu undangan lainnya.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!