UTU Kembali Mendapatkan Izin Pembukaan Program Magister Ilmu Pertanian dari Kemendikbudristek

Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si | Ist.

Bimcmedia.com Meulaboh: Kabar menggembirakan kembali diterima oleh Civitas Akademika Universitas Teuku Umar (UTU). Kali ini kampus ternama pantai barat aceh menerima salinan Surat Keputusan (SK) tentang izin pembukaan program Magister (S2) Ilmu Pertanian.

Hal ini ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 4045/E1/HK.03.00/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Pertanian Program Magister pada Universitas Teuku Umar.

Pernyataan tersebut disampaikan Humas UTU, Aduwina Pakeh melalui press release yang di terima pewarta Bimcmedi.com pada Jumat (9/6/2023) malam.

Aduwina mengatakan, Terbitnya Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Pertanian Program Magister, maka UTU resmi membuka prodi baru yang diharapkan dapat membuat kampus semakin maju dan berkembang sebagai sumber inspirasi dan referensi dalam bidang agro and marine industri.

Sementara itu, Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si mengatakan, pembukaan prodi S2 pertanian tidaklah mudah, karena ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi.

“Persyaratan tersebut beberapa di antaranya adalah tersusunnya kurikulum yang ingin digunakan, tersedianya SDM dosen yang kualifikasinya sesuai dengan prodi yang diusulkan, serta kecukupan fasilitas sarana dan prasarana perkuliahan,” sebut Dr. Ishak Hasan.

Disamping itu Ia mengatakan, semua hal itu tentu tidaklah cukup tanpa didukung komitmen untuk selalu berinovasi agar UTU dapat menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Untuk itu, ia tak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan amanah, mandat dan izin untuk membuka prodi ilmu pertanian magister.

“Pengembangan prodi ini nantinya berfokus pada pengkajian dan pengembangan teknologi produksi tanaman, proteksi tanaman serta bioteknologi dan konservasi tanaman guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Dr. Ishak Hasan.

Hal senada juga ditambahkan oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, dengan pembukaan Magister Ilmu Pertanian ini, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi masyarakat.

Semoga dengan dibuka program Magister ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dapat segera terwujud.

Lanjutnya, keunggulan S2 Ilmu Pertanian di Universitas Teuku Umar adalah fokus pada pengembangan manajemen produksi, advance technology dan industri pertanian terintegrasi dengan agro-marine industry terkait pengembangan ekonomi masyarakat.

Warek 1 juga mengatakan, khabar bahagia ini melengkapi khabar bahagia sebelumnya, dimana pada awal Mei 2023 lalu UTU juga menerima izin Pembukaan Program Studi Ilmu Perikanan Program Magister.

"Dengan demikian tahun 2023 ini UTU telah menambah 3 prodi baru yang telah mendapatkan SK dari kemendikbudristekdikti yaitu, program S2 Perikanan, program S2 Pertanian dan program studi S1 Peternakan yang siap menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 ini. Sehingga dapat memacu perkembangan Universitas Teuku Umar sebagaimana cita-cita para pendiri UTU terdahulu,". Demikian Pungkasnya

(*)

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!