Breaking News

Vaksin Covid-19 Dibuat Sangat Cepat, Ini Alasannya

Laporan ,
Ilustrasi Gambar Vaksin Covid-19/Foto : Ayo Semarang

bimcmedia.com, Meulaboh : Proses pembuatan vaksin untuk sebuah penyakit biasanya perlu waktu lama, dan harus menghabiskan waktu bertahun-tahun. Namun, vaksin covid-19 dibuat dengan sangat cepat, Inilah alasannya.

dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc., Sp. PD, yang merupakan spesialis penyakit dalam dan Vaksinnolog Omni Hospital Pulomas menjelaskan bahwa biasanya membutuhkan waktu puluhan tahun, sedikitnya 10 tahun, untuk membuat sebuah vaksin. Di situasi Pandemi Covid-19, dianggap darurat.

"Tapi ada keadaan darurat dan berbahaya seperti pandemi covid-19, dimana vaksin dibutuhkan lebih awal dan cepat. Upaya untuk percepatan tidak ada tawar menawar demi kesembuhan dan keamanannya " ucap dr Dirga seperti dilansir di Viva.co.id, Kamis, (29/10/20).

Dirga menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan vaksin dibutuhkan beberapa tahap, dimana dibutuhkan sangat banyak relawan. Dengan demikian, akan terbukti dua hal yang tidak boleh dihilangkan dalam pembuatan vaksin virus corona itu, sebelum akhirnya di sebarluaskan ke masyarakat.

"Untuk percobaan pada puluhan ribu relawan pada tahap ketiga, untuk memastikan bahwa vaksin itu sudah aman atau tidak. Jika lancar maka awal tahun 2021 akan disebarluaskan" tambah dr Dirga.

" Meski ada rencana percepatan
dalam proses pembuatan vaksin, tapi pada tahap ini yang tidak boleh dilewatkan, dan harus dipastikan benar-benar aman dan berhasil" ungkapnya.

Disini lain, Vaksin Covid-19 dengan proses cepat dianggap sebagai generasi pertama. Selanjutnya, ketika kondisi darurat terlewati, para peneliti akan melakukan penyempurnaan terhadap sebuah vaksin.

" Kita sadar bahwa vaksin pertama sangat dibutuhkan, dan perlu penyempurnaan. Sebelum kemudian, pada generasi selanjutnya akan diperbaiki jika ada kekurangan" tutup Dirga.

---
(AN)

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...
error: Minta Ijin Dulu, Jika Ingin Copy