Breaking News

Wajib Ketahui, 5 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Ilustrasi Gambar Tidur Nyenyak pada malam hari/bimcmedia.com/Foto : Tirto.id

bimcmedia.com, Meulaboh : Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwasanya tidur pada malam hari sangat baik bagi kesehatan dan juga dapat meningkatkan produktivitas tubuh kita. Sehingga kamu Wajib mengetahui, 5 tips agar bisa tidur nyenyak di malam hari.

Meskipun pada kenyataannya untuk dapat memejamkan mata tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan.

Karena banyak orang yang sulit untuk memejamkan matanya atau tidur pada malam hari. Akan tetapi, ada juga yang merasa tubuhnya kelelahan meski sudah dapat memejamkan matanya tersebut.

Dilansir pada laman berita kompas.com, Minggu, (22/11/2020) menyebutkan bahwasanya itu terjadi karena pola kebiasaan gaya hidup kita.

Namun, kabar baiknya datang dari seorang spesialis pengobatan tidur, Michelle Drerup, yang mengatakan ada tips mudah yang bisa dilakukan agar kita bisa tidur nyenyak pada malam hari.

Berikut adalah beberapa tips agar kita bisa tidur nyenyak di malam hari yang telah dirangkum.

1. Tetapkan jadwal tidur yang sama

Kualitas tidur dapat kita tingkatkan apabila kita bisa menerapkan jadwal tidur yang konsisten dan hindari begadang di akhir pekan agar jadwal tidur kita tetap terjaga.

"Banyak juga orang yang seringkali begadang di hari kerja lalu mencoba tidur lebih banyak saat akhir pekan. Ini hanya membuat kualitas tidur semakin buruk,"ujar Michelle seperti dilansir pada laman berita kompas.com.

2. Ciptakan waktu tenang sebelum tidur

Sediakan waktu Luang dari 30 hingga 60 menit untuk tenang dan bersantai sebelum tidur dan matikan smartphone atau ponsel ada sehingga dapat manfaatkan waktu tersebut untuk rileksasi. Kita juga bisa memanfaatkanya untuk mendengarkan musik yang menenangkan, minum teh herbal, atau mandi air hangat.

3. Alihkan perhatian jika tidak bisa tidur

Jika kamu tidak bisa tidur, cobalah untuk beranjak dari kasur dan alihkan perhatian sebelum kembali tidur. “Kita bisa alihkan perhatian dengan membaca, melakukan peregangan yoga, mewarnai, atau dapat melakukan Sebuah aktivitas yang dapat menenangkan pikiran," ucap Michelle.

Namun, juga harus menghindari dan melakukan aktivitas yang menuntut fisik dan pikiran bekerja terlalu keras, seperti melakukan pekerjaan rumah, membayar tagihan, atau bekerja dengan komputer.

4. Pelajari teknik relaksasi

Dapat mempelajari teknik relaksasi, contohnya adalah meditasi dan relaksasi otot progresif dapat membantu kita tertidur dengan nyenyak. Kita juga bisa meminta bantuan dokter atau spesialis agar bisa merasa lebih nyaman atau rileks ketika waktu tidur tiba.

Karena dengan mengatasi stres dengan cara yang sehat juga penting untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Buatlah catatan tidur

Dengan membuat sebuah catatan tidur bisa membantu kita melacak detail pola tidur dan kebiasaan gaya hidup. “Ini dapat membantu kita melihat kebiasaan sehari-hari dan akan berguna saat mencoba untuk menemukan penyebab insomnia," tutup Michelle Drerup.

---

(AN)

Komentar

Loading...