Warga Meminta DLHK Aceh Barat Lebih Peka

DLHK Aceh Barat
Sampah yang berserakan di jalan Musi Suak Indra Puri. | Foto : Gus

Bimcmedia.com, Aceh Barat : Warga yang melintas jalan Musi mengeluhkan, merasa risih dengan bau sampah yang sangat menyengat dari container Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada dilokasi tepatnya berada Desa Suak Indrapuri dan meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lebih Peka, Sabtu, Pagi (16/07/2022).

“Sangat kita sayangkan, jikalau Dinas Kebersihan tidak mengangkut sampah yang menumpuk seperti ini,” Ujar Diana salah seorang warga Aceh Barat kepada bimcmedia.com pada Sabtu siang.

Diana manyampaikan Apabila terus dibiarkan seperti ini tentu sangat disayangkan pemandangan Aceh Barat yang dimana saat ini banyak yang melirik untuk berlibur dan juga sebagai lumbung Wisata bisa tercoreng dimata penikmat yang berkunjung ke kota juang tersebut.

“kita harap dinas kebersihan bisa mengelola sampah ini dengan baik, diangkat sampah apa satu hari sekali, jadi tidak tercemar dengan bau ini, apalagi ini lintasan objek wisata yang dilalui.”harapnya.

Saat di konfirmasi Kepala Dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan (Kadis DLHK) Aceh Barat Bukhari pada Sabtu (16/07/2022) mengatakan, terkait dengan adanya laporan warga adanya sampah yang menumpuk bukan sama sekali kesalahan dari DLHK Aceh Barat, namun itu adalah tanggung warga sekitar dan sengaja membuang sampah dengan sembarangan.

“Iya disitu sudah kita letakan satu container sampah untuk pembuangan sampah, tapi warga sekitar membuang sampah dengan sembarangan, kalau diangkat tiap sore kami angkat sampah dilokasi itu,” Tegasnya.

Tambah nya Bukhari untuk kedepan pihaknya akan berupaya untuk memberlakukan qanun nomor 4 tahun 2017 tentang penertiban sampah di Aceh Barat, sehingga dengan adanya peraturan ini nantinya warga kabupaten Aceh barat lebih bijak dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah dengan sembarangan akan di berikan sanksi.

“kita akan terapkan Qanun nomor 4 tahun 2017 tentang penertiban sampah, dan apabila ada warga yang membuang sampah sembarangan akan kita denda Rp. 300.000,- sekali buang sampah,” Tegasnya.

Pantauan bimcmedia.com di lapangan terhadap banyak nya sampah di luar tong yang udah di siapkan dalam hal ini adalah karena kurangnya kesadaran di warga untuk menjaga kebersihan sehingga akan berdampak pada lingkungan, dalam hal ini juga terlihat kurangnya kontainer dari kapasitas sampah yang begitu banyak sehingga pemerintah dalam hal ini harus menambahkan kembali agar sampah tidak sampai berhamburan hingga ke bahu jalan.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!