Waspada !!! Terlalu Banyak Vitamin C Sebabkan Beberapa Penyakit Ini

Vitamin C
Ilustrasi Gambar Jangan Sering Konsumsi Vitamin C | Sumber Foto : TheAsianParent

Bimcmedia.com, Nasional : Vitamin C mengandung banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari kesehatan kulit, peningkatan kekebalan tubuh, hingga kemampuan membantu melawan berbagai penyakit.

Sayangnya, meski vitamin C memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun vitamin itu tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C seharian, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi vitamin tersebut dengan dosis yang telah dianjurkan sehingga tidak dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Meski begitu, ada kondisi tertentu yang membuat vitamin itu dapat berbahaya bagi tubuh. Vitamin tersebut memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun ada dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin ini.

Asupan konsumsi Vitamin  sehari - hari yang direkomendasikan untuk wanita dan pria berbeda - beda. Untuk wanita, dianjurkan untuk mengonsumsi 75 miligram vitaminnya dan 90 miligram untuk pria.

Namun, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi hingga 120 miligram per hari. Namun, konsumsi vitamin C yang berlebihan akan memiliki efek samping yang berkaitan dengan pencernaan.

Dilansir dari laman kompas.com pada Minggu, 24 Juli 2022 menjelaskan bahwa, "Orang yang mengonsumsi vitamin C berlebih akan mengalami efek samping berupa diare dan mual. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin tersebut juga dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal,"

pembentukan batu ginjal akibat konsumsi vitamin itu akan lebih tinggi pada penderita hiperoksaluria atau eksresi oksalat urin

Meski begitu, masih ada perdebatan tentang pembentukan batu ginjal terkait asupan vitamin tersebut pada orang dengan riwayat penyakit hiperoksaluria ini.

Namun, jumlah zat besi yang berlebihan dapat merusak tubuh, seperti hati, jantung, tiroid, pankreas, dan sistem saraf pusat.

Hal ini akan sangat berbahaya bagi penderita hemokromatosis yang perlu menghindari penyerapan zat besi yang berlebihan dalam tubuh sehingga asupan vitamin apapun tetap harus diperhatikan meskipun semua vitamin ada manfaatnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, penderita hemokromatosis yang mengonsumsi terlalu vitamin C akan memperburuk jumlah zat besi dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan jaringan di dalam tubuh.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!