Amalan Sederhana Membawa Banyak Pahala Selama Ramadhan

amalan sederhana
Ilustrasi Gambar Beribadah kepada Allah SWT | Sumber Foto : merdeka

Bimcmedia.com, Internasional : Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bagaimanapun, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua amal kebaikan yang dilakukan di bulan ini pasti akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, meskipun sebuah amalan sederhana.

Karena bulan suci Ramadhan sangat bermanfaat untuk hidup, dan sayang jika  di gunakan dengan hal-hal yang tidak berguna.  Maka dari itu tetapkan niat anda dan sebagaimana di rangkum oleh pewarta bimcmedia.com dari Liputan6.com, Kamis (14/04/2022), inilah tujuh amalan sederhana yang baik dan mudah dilakukan selama Ramadhan ada sebagai berikut :

1. Siapkan makanan untuk orang tersayang

Menurut apa yang diriwayatkan dari Zaid bin Khalid al-Juhani, Rasulullah (saw) berkata: "Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, dia akan menerima pahala seperti dia tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu. Sedikit." Sahih Tirmidzi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarga, kerabat bahkan orang asing. Karena hal sederhana ini bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT.

2. Berhubungan kembali dengan kerabat lama saat berpuasa

Rasulullah (saw) mengatakan: "Barang siapa yang ingin diperpanjang rezekinya dan diperpanjang umurnya harus menjaga ikatan persaudaraan." [Al Adab Al Mufrad]

Alasan lain mengapa banyak Muslim menantikan bulan suci Ramadhan adalah untuk menghidupkan kembali persahabatan lama saat berbuka puasa.

Masjid ini juga memiliki beragam pilihan untuk Anda dan pasangan, mulai dari makanan lama yang lezat hingga berbagai bazaar. Ketika Anda dipenuhi dengan acara dan komitmen kerja sepanjang tahun, rasanya menyenangkan untuk bersantai dan minum teh bersama teman lama.

3. Baca Al Quran setiap hari

Bagi banyak orang, membaca Al-Qur'an itu mudah. Namun, kita sering mengabaikan internalisasi makna Al-Qur'an dan menanamkan ajarannya ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan Alquran, jadi apa cara yang lebih baik untuk merayakan bulan yang indah ini selain dengan membacanya setiap hari? Anda juga dihargai untuk setiap huruf Arab yang Anda baca. Bagi yang belum terbiasa dengan huruf arab dan tajwid, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

“(Ini) adalah bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk petunjuk, penjelasan-penjelasan yang memberikan petunjuk dan (pembeda antara yang haq dan yang batil) bagi manusia. Maka barang siapa di antara kamu yang menyaksikan bulan ini hendaklah cepat." [2:185]

4. Lakukan Sholat Sunnah

Cara lain untuk merasa sukses di bulan Ramadhan adalah dengan mengetahui bahwa Anda sedang berusaha untuk melakukan salat non fardhu sebelum atau sesudah salat wajib. Sholat sunnah yang kamu lakukan antara 2 hingga 20 rakaat di bulan yang penuh berkah ini bisa menjadi pintu untuk menerima apa yang ada di hatimu dari Allah.

5.Memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan

Di bulan suci Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah selain zakat wajib. Sedekah bukan berarti meninggalkan harta, bahkan membantu orang tua memasak atau menyumbangkan baju bekas kepada orang yang lebih membutuhkan adalah bagian dari sedekah.

Kepuasan dan kebahagiaan yang akan Anda rasakan setelah membantu seseorang mencerahkan hari mereka benar-benar tak terlukiskan. Bahkan tersenyum pada orang asing adalah amal.

Jabir bin Abdullah (ra) meriwayatkan: Rasulullah (SAW) berkata: "Setiap perbuatan baik adalah sedekah. Sungguh bermanfaat untuk menyambut saudaramu dengan wajah tersenyum dan menuangkan sisa sarang ke dalam mangkuk saudaramu,"

6. Perbanyak Mengingat Allah SWT

Pertama-tama, awali dan akhiri Ramadhan dengan mengingat mengapa Anda memilih untuk berpuasa dan itu semua berkat Allah SWT. Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, sangat penting untuk meningkatkan dzikir kepada Allah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti dzikir atau memperbaiki niat. Kita juga bisa melakukan ini dengan menghadiri kelas atau acara keagamaan yang mendekatkan orang.

7. Relawan untuk Acara Amal

Waktu selalu merupakan hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada seseorang. Oleh karena itu, Anda juga bisa menjadi sukarelawan untuk menjadi relawan selama Ramadhan. Bahkan, itu akan mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik saat menawarkan bantuan kepada seseorang.

Jumlah kegiatan yang dapat Anda lakukan tidak terbatas karena ada banyak organisasi kesejahteraan sosial yang selalu membutuhkan sukarelawan. Seiring dengan peningkatan imbalan, menjadi sukarelawan juga memperluas perspektif Anda tentang kehidupan dan jaringan sosial Anda. Anda dapat membuat dan memberi teman. Ini tentu tidak bisa lebih baik dari ini.

Itulah beberapa hal amalan sederhana yang bisa dilakukan selama Ramadhan untuk mendapatkan pahala besar dan sangat banyak di bulan suci ramadhan ini.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!